Libur Idul Adha, Kemenhub Antisipasi Mudik Warga Menhub Budi Karya Sumadi cek kesiapan transportasi. (Foto: Kemenhub).

MerahPutih.com - Pemerintah melakukan antisipasi libur Hari Raya Idul Adha 1441 H dan akhir pekan karena tidak ada larangan mudik bagi warga. Lonjakan penumpang transportasi diperkirakan terjadi pada layanan antarkota maupun di dalam kota.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku telah lakukan antisipasi di simpul-simpul transportasi, di jalan-jalan nasional dan tol, dan di daerah wisata yang diprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan karena libr panjang mulai Jumat, Sabtu dan Minggu.

Ia mengatakan, Kemenhub mempersiapkan personel, serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian, dan Dinas Perhubungan di daerah untuk meningkatkan pengawasan di lapangan, serta dengan para operator transportasi.

Baca Juga:

Mudik Saat Idul Adha Dinilai Sangat Berbahaya, Ini Alasannya

Kemenhub, lanjut ia, meminta kepada seluruh operator transportasi untuk bersama-sama menciptakan transportasi yang aman dan produktif yang berarti transportasi yang berkeselamatan, dan berkesehatan, mulai dari area keberangkatan, saat dalam perjalanan, dan ketika tiba di tujuan.

Para pemangku kepentingan sektor transportasi, kata Budi, telah berkomitmen untuk menyediakan transportasi publik yang aman dan sehat, guna mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini telah dilakukan sejak diterapkannya masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sektor transportasi.

Cek Bandara
Kemenhub cek kesiapan bandara. (Foto: Kemenhub).

Terkait kriteria dan persyaratan perjalanan orang, Kemenhub masih mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 9 Tahun 2020.

"Kami berupaya membangun kepercayaan publik agar merasa percaya diri menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta api, pesawat dan kapal," ujarnya. (ARR).

Baca Juga:

Din Syamsuddin: Radikalisme Terdapat di Setiap Lingkaran Umat Beragama di Dunia


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH