Libur Akhir Tahun Hemat dan Nyaman dengan 5 Tips Ini Dengan cara yang tepat, libur akhir tahun bisa dilakukan dengan sesuai bujet. (foto: the cannon ball)

MASA libur Natal dan Tahun Baru akan periode libur terlama sepanjang tahun. Tidak mengherankan jika tempat wisata akan sangat ramai, penuh, dan mahal. Jika kamu dan keluarga telah merencanakan untuk pergi berlibur keluar kota atau keluar negri, kamu masih bisa kok melakukannya dengan bujet yang sesuai.

Coba terapkan deh beberapa tips ini agar liburanmu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan!

BACA JUGA: Libur Sesuai Bujet di Akhir Tahun


1. Tentukan tempat wisata dengan baik

libur akhir tahun
Pilih destinasi antimainstream. (foto: Good kid mad city)

Dalam memilh tempat wisata, biasanya kita akan memilih tempat yang memang ramai dikunjungi wisatawan. Untuk menghindari keramaian yang bisa membuat perjalanan kalian tidak nyaman, hindari tempat-tempat yang menjadi destinasi favorit ketika liburan.

Tempat wisata populer pun akan menjadi tidak menyenangkan jika terlalu sesak dan ramai pengunjung. Masih banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menyenangkan meskipun tidak populer.

2. Pandai mengatur waktu

libur akhir tahun
Berlibur sebelum libur hari raya. (foto: BBC)

Untuk mengurangi harga akomodasi yang melonjak tinggi, coba untuk tidak bepergian pada hari-hari yang sudah dekat dengan hari raya seperti 24 Desember atau 30 Desember. Kamu bisa mulai berlibur beberapa hari sebelum agar destinasi kamu juga tidak terlalu ramai dan sesak dengan harga yang lebih murah. Sebisa mungkin berpergian lebih awal atau setelah hari Natal atau Tahun Baru.

3. Pilih bandara alternatif

libur akhir tahun
Pilih bandara kecil yang tak terlalu ramai. (foto: pixabay/michael gaida)

Jika kamu ingin bepergian dengan pesawat, sebisa mungkin jangan membeli tiket yang berangkat dari bandara utama. Bandara kecil biasanya tidak seramai bandara utama, yang artinya meminimalisasi terjadinya delay pesawat dan terkadang memiliki harga tiket yang lebih miring.

4. Hindari perjalanan dengan transit

libur akhir tahun
Penerbangan transit menguras energi. (foto: india today)

Jika memungkinkan, hindari memilih jadwal penerbangan yang banyak transitnya karea ini akan lebih menguras energi kamu. Penerbangan dengan transit juga menimbulkan potensi terjadinya delay yang pastinya bisa mengganggu kenyamanan liburan kamu dengan keluarga.

5. Paketkan barangmu

libur akhir tahun
Paketkan barangmu untuk menghemat biaya bagasi. (foto: multichannel merchant)

Saat libur usai dan kamu memiliki barang belanjaaan yang banyak, cobalah untuk memaketkan barang bawaanmu untuk mempermudah perjalanan kamu ketika pulang ke rumah. Memaketkan barang bawaanmu dari destinasi tertentu juga akan membantu kamu memangkas biaya bagasi pesawat yang biasanya sangat mahal.

Jika kamu terpaksa membawa hadiah kamu baik dalam perjalanan pergi atau perjalanan baik, sebisa mungkin jangan membungkus kado yang ingin kamu berikan karena kemungkinan kamu harus membuka bungkusan kado tersebut saat pengecekan keamanan di bandara.(shn)



Dwi Astarini