Libur Akhir Tahun, Daop 6 Siapkan 5 KA Tambahan Berkapasitas 42.712 Seat Kereta api batik di Stasiun Tugu (Foto: MP/Teresa Ika)

KABAR gembira untuk kamu yang hendak menghabiskan akhir tahun di Kota Yogyakarta. PT KAI Daop VI Jogja- Solo akan mengoperasionalkan lima buah KA tambahan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menjelaskan ke lima KA tambahan disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Baca juga:

Arti dan Istilah Dalam Perkeretaapian Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

"KA tambahan dioperasionalkan sejak 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Kapasitas hariannya 4.852 tempat duduk. Total Kapasitas selama musim angkutan nataru 42.712 tempat duduk," jelas Eko di Yogyakarta, Kamis (12/12).

Manager Humas Daop VI Eko Budiyanto (kiri) (Foto: MP/Teresa Ika)
Manager Humas Daop VI Eko Budiyanto (kiri) (Foto: MP/Teresa Ika)



Lima kereta tambahan tersebut adalah Argo Lawu fakultatif (Solo-Gambir), Argo Dwipangga fakultatif (Solo-Gambir), Taksaka fakultatif (Yogyakarta-Gambir), Lodaya Natal dan Tahun Baru (Solo-Bandung), Sancaka fakultatif (Yogyakarta-Surabaya Gubeng

“Tiket untuk kereta tambahan sudah bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access dan aplikasi lain,” katanya.

Baca juga:

Berwisata Menelusur Jalur Kereta Api Sukabumi-Cianjur

Selain itu KA reguler dan KA lokal yakni Prameks juga siap mengangkut penumpang di libur Nataru. Pihaknya menyiapkan total 1.065.220 tempat duduk untuk melayani seluruh penumpang selama liburan Natal dan Tahun Baru. Jumlah tersebut merupakan total kereta api tambahan, KA Reguler dan KA Reguler lokal (KA Prameks).

Ilustrasi kereta api (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Ilustrasi kereta api (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

"Tiket KA tambahan dan reguler masih banyak tersedia kecuali untuk tanggal merah dan hari besar sudah menipis. Penumpang diminta datang ke stasiun jangan mepet keberangkatan. Minimal 30 menit sebelum keberangkatan kereta," pungkasnya.

KAI Daop VI memprediksi total penumpang naik 5 persen dari tahun 2018 yakni sebesar 729.101 orang, Puncak kepadatan saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diperkirakan terjadi pada 31 Desember 2019 dengan jumlah penumpang sebanyak 45.783 orang.

Baca juga:

Lokasi Perayaan Pesta Tahun Baru Paling Meriah di Indonesia

Tulisan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH