Libra, Mata Uang Digital Terbaru dari Facebook Resmi Diumumkan Mark Zuckerberg selaku bos Facebook, perusahaan yang merilis Libra (Foto: theverge)

SEBUAH cryptocurrency, uang atau aset digital, baru yang dibentuk oleh Facebook dan akan diluncurkan di tahun 2020 mendatang. Kabarnya itu bisa digunakan untuk membeli suatu layanan secara digital dari ponsel pintar setiap penggunanya.

Mata uang tersebut akan tersimpan dalam dompet digital bernama Calibra, dompet digital akan berbentuk aplikasi di ponsel yang akan ditempatkan dalam layanan yang dimiliki Facebook seperti WhatsApp dan Messanger.

Pengembangan cryptocurrency Libra ini didukung oleh Visa dan Mastercard, serta perusahaan bisnis seperti Uber, Spotify, dan eBay pada gilirannya para pengguna Libra dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang digital terbaru Facebook tersebut.

Libra, Mata Uang Digital Terbaru dari Facebook Resmi Diumumkan
Logo dari Libra Cryptocurrency (Foto: TechCrunch)

Cryptocurrency merupakan sebuah uang digital yang menggunakan enkripsi untuk melakukan transaksi dengan aman, banyak pihak yang menyatakan bahwa dengan adanya enkripsi akan lebih aman dari penipuan.

Manfaat utama dari cryptocurrency yakni itu tidak terdesentralisasi, artinya tidak akan ada entitas yang bisa mengendalikan mata uang seperti bank sentral yang mengontrol mata uang tradisional.

Mata uang ini sering dibangun di jaringan blockchain, blockchain sejenis dengan buku besar digital yang dimana semua transaksi dari setiap orang akan melalui proses verifikasi dan dicatat dan tidak dapat diubah, dapat meningkatkan transparansi.

Menurut Facebook, terdapat dua masalah bagi cryptocurrency sejauh ini adalah skalabilitas dan volatilitas (ukuran dasar). Seperti Bitcoin yang harganya selalu berfluktuasi (tidak tetap) dengan keras dalam beberapa tahun terakhir ini karena selalu adanya penawaran dan permintaan.

Baca juga:

Facebook Mengembangkan Cryptocurrency untuk Transfer via WhatsApp

Selain Aman, Blockchain juga Transparan

Mengenal Bitcoin, Salah Satu Cryptocurrency Favorit

Libra didukung oleh cadangan aset yang termasuk terhubungnya dengan beerapa mata uang internasional dari sejumlah bang sentral agar menjaga harganya tetap stabil.

Para pengembang Libra mengatakan akan meluncurkan Libra melalui aplikasi Facebook yang membuat Libra dapat diakses lebih dari dua miliar orang secara global. Ketika Libra diluncurkan pastinya Calibra juga akan diluncurkan, dan bagi kalian yang ingin menggunakannya harus mendaftar dengan ID yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Setelah itu, pengguna dapat mengubah uang knvensional mereka ke Libra dan memasukkannya ke dompet digital yang mereka miliki. Begitu Calibra sudah terisi kamu akan bisa melakukan transaksi harian menggunakan Libra seperti membeli bahan makanan, membeli kopi, hingga menggunakan transportasi umum.

Awalnya sistem pembayaran baru akan mendukung pembayaran antar individu, sertaadanya pemindaian kode QR untuk membayar barang dan jasa. Pada akhirnya sistem akan diperluas untuk memasukkan integrasi ke dalam sistem point of sale di toko-toko, yang memungkinkan untuk menggantikan peran kartu debit maupun kartu kredit.

Libra, Mata Uang Digital Terbaru dari Facebook Resmi Diumumkan
Langkah-Langkah Untuk Mengirimkan Libra Ke Pengguna Lainnya (Foto: Fortune)

Karena Libra juga dikembangkan di Whatsapp dan Facebook Messanger, dipastikan pengguna dapat mengirim dan menerima uang antar teman dan keluarganya hanya dengan mengirimkan sebuah pesan.

Kabarnya Libra belum sepenuhnya selesai, sistem lengkap Libra dan dompet digital Kalibra akan diluncurkan tahun 2020 mendatang. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH