Kuliner
Lezatnya Makanan Tradisional Qatar untuk Menemani Piala Dunia 2022 Makanan di Qatar bervariasi antara manis, asin, dan gurih yang biasanya dapat dimakan sebagai hidangan penutup. (Foto: Pexels/Askar Abayev)

MAKANAN lezat adalah salah satu bagian yang paling dinanti ketika melancong ke negara asing. Budaya, bahan masakan, dan selera yang berbeda membuat cita rasa makanan di negara lain terasa lebih unik di lidah kita. Nah, salah satu negara yang kini sedang ramai dikunjungi dan jadi pusat perhatian adalah Qatar.

Negara yang terletak di semenanjung kecil di Asia Barat ini berhasil menarik banyak wisatawan karena perhelatan akbar Piala Dunia 2022. Selain di bidang olahraga, Qatar juga punya sederet hidangan tradisional yang tak kalah unik. Karena masih sama-sama Asia, kamu mungkin bisa menemukan sedikit kesamaan antara makanan khas Indonesia dan Qatar.

Baca Juga:

Manisnya Bikin Lupa Daratan, 4 Dessert Slovenia yang Wajib Kamu Coba

Saloona merupakan gabungan antara daging pedas dan sayur kuah yang sekilas mirip sop. (Foto: Unsplash/Louis Hansel)

Makanan tradisional Qatar memiliki beragam rasa. Ada yang rasanya pedas, asin, sampai manis. Negara yang satu ini biasanya mengonsumsi makanan ringan untuk sarapan dan makan malam, lalu makanan berat untuk makan siang. Jika kamu berkesempatan ke Qatar, Culture Trip merekomendasikan makanan tradisional negara ini untuk kamu cicipi, misalnya:

1. Saloona

Makanan yang satu ini merupakan perpaduan antara daging yang pedas dengan kaldu sayuran. Di dalamnya mengandung tomat, kentang, dan wortel seperti sop. Kadang sesekali ditambahkan terong di dalamnya. Orang Qatar biasanya memakan ini dengan nasi.

2. Machboos

Ini merupakan hidangan rumah paling populer di Qatar. Machboos merupakan nasi yang dimasak berbarengan dengan rempah-rempah khas dan daging, seperti sapi, ayam, unta, ikan, atau udang. Sekilas, hidangan yang satu ini begitu mirip dengan nasi goreng.

Baca Juga:

Melancong ke Paris Makin Manis Menyantap Dessert Ikonik

3. Madhruba

Hidangan yang satu ini sering dijumpai saat bulan Ramadan. Orang lokal kadang menyebutnya sebagai bubur kocok dan terdiri atas nasi, susu, mentega, serta kapulaga yang dimasak bersamaan hingga lembek dan menyatu. Bersama dengan itu, ayam atau daging lain direbus bersama dengan kacang tumbuk.

Selain sebagai hidangan utama, orang di Qatar juga biasanya mengonsumsi Balaleet sebagai hidangan penutup. (Foto: Unsplash/Taylor Kiser)

4. Luqaimat

Makanan ini juga jadi salah satu hidangan favorit saat Ramadan, loh. Bentuknya bulat kecil seperti wedang ronde. Adonannya terbuat dari mentega, susu, terigu, gula, kunyit, dan kapulaga. Adonan ini kemudian digoreng dan nantinya dicampurkan dalam sirup gula atau madu supaya terasa lebih manis. Teksturnya yang lembut di dalam dan renyah di luar membuat luqaimat menjadi salah satu hidangan penutup yang populer.

5. Balaleet

Hidangan ini sedikit terinspirasi dari budaya India. Balaleet merupakan pasta yang terasa manis. Makanan ini terbuat dari vermicelli goreng yang dimasak dengan tambahan telur dadar yang dibalur kunyit. Jadi, rasanya dominan manis, asin, lembut, dan crunchy dalam sekali waktu. Orang biasanya tak hanya memakan ini sebagai hidangan utama, tetapi juga sebagai makanan penutup. (mcl)

Baca Juga:

Wisata Kuliner ke Restoran Milik Idola K-Pop

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jadwal Hajatan GP Prancis MotoGP, Simak di Sini
Fun
Jadwal Hajatan GP Prancis MotoGP, Simak di Sini

Fabio Quartararo jadi tuan rumah.

Suharto Lengser!
Fun
Suharto Lengser!

Tanggal 21 Mei sebagai pengingat tumbangnya rezim Orde Baru.

Selisik Jasa Pawang Hujan Supaya Hajatan Lancar Jaya
Hiburan & Gaya Hidup
Selisik Jasa Pawang Hujan Supaya Hajatan Lancar Jaya

Mendadak jadi pawang hujan dadakan

Kurang Tidur Bisa Bikin Lebih Egoistis
Hiburan & Gaya Hidup
Kurang Tidur Bisa Bikin Lebih Egoistis

Penelitian terbaru mengungkapkan hal tersebut.

Hati-hati Kebiasaan ini dapat Merusak Otak, Serius!
Fun
Ramahnya Kebijakan Negara Skandinavia Terapkan Cuti Melahirkan Khusus Suami
Hiburan & Gaya Hidup
Ramahnya Kebijakan Negara Skandinavia Terapkan Cuti Melahirkan Khusus Suami

Suami bisa gunakan haknya mengajukan cuti saat istrinya melahirkan

John Boyega Ogah Main di 'Star Wars' Lagi
ShowBiz
Kimberly dan Juri Pamer Kemampuan di Street Fighter 6
Fun
Kimberly dan Juri Pamer Kemampuan di Street Fighter 6

Tampil lebih memukau dengan efek grafitti.

Terinspirasi Dari Pesisir Madura, Lorjhu Hadirkan Album 'Paseser'
Fun
Terinspirasi Dari Pesisir Madura, Lorjhu Hadirkan Album 'Paseser'

Album Paseser terdiri dari sembilan trek yang berporos pada dinamika.

YouTube Luncurkan Halaman Khusus Untuk Podcast
Fun
YouTube Luncurkan Halaman Khusus Untuk Podcast

YouTube mulai memperkuat posisinya sebagai platform podcast.