Lewis Hamilton Raih Pole Position ke-67, Dekati Rekor Michael Schumacher  Pebalap F1 Tim Mercedes Lewis Hamilton (Foto Twitter @F1)

MerahPutih - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada sesi latihan ketiga di Sirkuit Silverstone, Sabtu (15/7). Dengan demikian, juara dunia F1 tiga kali itu meraih pole position di GP Inggris pada Minggu (16/7) besok.

Hamilton mencatat putaran terbaik 1 menit 28,063 detik pada Free Practice 3 (FP3). Catatan waktu itu lebih cepat dari waktu terbaiknya sehari sebelumnya pada 1:28.496.

Selanjutnya, waktu tercepat di posisi kedua hingga keempat dibukukan Sebastian Vettel (Ferrari) dengan selisih waktu 0,032 detik, Valtteri Bottas (Mercedes) dengan 0,074 detik, dan Kimi Raikkonen (Ferrari) dengan 0,669 detik.

Pebalap Renault Nico Hulkenberg berada di urutan kelima. Bottas dan pebalap Red Bull dari Australia Daniel Ricciardo terkena penalti karena pergantian gearbox tak terjadwal.

Pebalap McLaren Fernando Alonso juga terkena penalti akibat berbagai macam masalah mesin. Penalti itu membuat balapan ini akan hanya menjadi pertarungan antara Hamilton melawan dua pebalap Ferrari.

Pole position untuk Hamilton yang merupakan juara dunia tiga kali itu akan membuatnya tinggal satu kali tertinggal dari rekor sepanjang masa 68 kali position pole yang dicatat Michael Schumacher. Keuntungan start paling depan akan membuatnya berpotensi menjuarai balapan ini untuk memangkas poin yang saat ini tertinggal 20 poin di belakang Vettel.

Namun pole position tidak begitu penting di Silverstone, karena sejak 2000 pemenang sirkuat ini selalu memulai membalap dari posisi keempat atau lebih tinggi dari itu

Berikut ini hasil lengkap sesi latihan bebas ketiga:

Sumber: REUTERS/ANTARA


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH