Olahraga

Lewis Hamilton Bakal jadi Sir Lewis Hamilton

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 02 Januari 2021
Lewis Hamilton Bakal jadi Sir Lewis Hamilton
Kerajaan Inggris akan anugerahi Hamilton gelar ksatria. (Foto: ABC)

KERAJAAN Inggris akan memberikan pada Juara Dunia Formula 1 tujuh kali, Lewis Hamilton gelar ksatria dengan predikit 'Sir'.

Dilansir dari Antaranews, Kamis (31/12), Reuters meungkapkan nama Hamilton masuk ke dalam daftar orang-orang yang bakal menerima gelar ksatria pada tahun baru dari kerajaan Inggris yang dipublikasikan pada Rabu.

Baca Juga:

Lewis Hamilton Cetak Rekor Setelah Menangkan GP Emilia Romagna

balap
Lewis Hamilton Juara Formula 1 tujuh kali bersama Mercedes. (Foto: Planet F1)

Hamilton telah menjadi pebalap paling sukses sepanjang masa. Dia menyamai rekor Michael Schumacher dengan tujuh gelar juara dunia serta mengungguli capaian 91 kemenangan Grand Prix sang pebalap asal Jerman itu. Selain itu kemenangan Hamilton juga membantu Mercedes meraih titel konstruktor ketujuh secara berturut-turut.

Hamilton juga aktif di luar sirkuit, seperti menjadi pegiat sosial lewat Komisi Hamilton yang ia dirikan. Seperti mempromosikan keberagaman di dunia balapan. Dia juga vokal menyuarakan perjuangan memerangi ketidakadilan rasial, perubahan iklim, dan isu-isu sosial lainnya.

Hamilton pun menerima status Laureus World Sportsman of The Year, masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time, dan olahragawan paling berpengaruh tahun ini versi BBC Sports.

Baca Juga:

Penggemar F1 Harus Tahu Model Mobil Balap ini!

balap
Selalu vokal menyuarakan anti rasis. (Foto: Evening Standard)

"Lewis benar-benar seorang raksasa di olahraga kami dan pengaruhnya sangat besar baik di dalam maupun di luar mobil. Apa yang dia capai fenomenal dan masih akan ada lagi," kata CEO F1, Stefano Domenicali, seperti dikutip laman resmi F1, Kamis (31/12).

Toto Wolf di laman resmi Mercedes menyebutkan, Hamilton adalah fenomena dalam dunia olahraga. Pencapaiannya mendapatkan pengakuan oleh dunia.

"Dia gabungkan kemahirannya di trek dengan suara yang kuat untuk melawan diskriminasi. Dalam segala hal, dia memimpin di 2020," kata Wolff.

Baca Juga:

Musim Balap 2021, Gresini Racing Tetap Didukung Federal Oil

balap
Hamilton telah menjadi pebalap paling sukses sepanjang masa. (Foto: mercedesamgf1)

Wolff juga mengatakan, gelar ksatria tersebut menunjukkan bahwa Hamilton telah menerima pengakuan dalam kariernya yang spektakluler di dunia balap.

"UK (Britania Raya) bisa sangat bangga memiliki seorang juara dan duta sekaliber Sir Lewis Hamilton." Katanya.

Hamilton akan menjadi pebalap F1 keempat yang menerima gelar 'Sir' dari kerajaan Inggris. Pebalap F1 lainnya yang mendapatkan gelar ksatria itu, mendiang Jack Brabham dari Australia, Stirling Moss, dan juara dunia tiga kali Jackie Stewart. Hamilton merupakan satu-satunya pebalap yang menerima gelar ksatria ketika masih aktif dalam dunia balap. (Kna)

Baca Juga:

Wow, Lewis Hamilton Beli LaFerrari dengan Tulisan Namanya di Body

#Otomotif #Olahraga #Lewis Hamilton #F1 #Formula 1
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan