Lewat Gunung Rinjani, Jokowi Ajak Bangkitkan Perekonomian Warga NTB Danau Segara Anak Gunung Rinjani, Lombok. (Laman resmi TN Gunung Rinjani)

Merahputih.com - Pemerintah terus berusaha membangkitkan kondisi perekonomian warga Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gempa bumi yang mengguncang Lombok, bulan Agustus lalu. Tak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi turun langsung mempromosikan pariwisata yang memang sejak dahulu jadi andalan NTB, terutama Lombok.

Lewat akun instagram resminya, @jokowi, presiden mengajak para wisatawan dan juga pegiat alam mendaki gunung Rinjani. Ya, jalur pendakian Gunung yang masuk ke dalam 'Seven Summit' Indonesia itu telah di buka kembali.

"Perlahan tapi pasti, Nusa Tenggara Barat mulai pulih setelah mengalami gempa bumi besar beberapa waktu lalu. Salah satun tandanya, pendakian ke Gunung Rinjani kini dibuka untuk wisatawan dan pecinta alam," tulis Jokowi di akun instagramnya seperti dilihat Merahputih.com, sabtu (24/11).

Lihat postingan ini di Instagram

Perlahan tapi pasti, Nusa Tenggara Barat mulai pulih setelah mengalami gempa bumi besar beberapa waktu lalu. Salah satun tandanya, pendakian ke Gunung Rinjani kini dibuka untuk wisatawan dan pecinta alam. Satu dari empat jalur pendakian ke Gunung Rinjani telah dibuka awal pekan ini. Jalur itu dari arah Desa Aik Berik di Lombok Tengah. Tiga lainnya yakni jalur pendakian Timbanuh, dan Sembalun di Lombok Timur, serta Senaru, Lombok Utara. Tiga jalur ini masih ditutup karena rusak berat akibat gempa bumi. Mari berwisata ke NTB, menikmati keindahan alam, air terjun, dan padang savana, di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Rinjani. Pendeknya, Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Kedatangan wisatawan juga akan membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional yang sempat lumpuh akibat gempa bumi Agustus lalu.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada

Namun, jalur pendakian yang dibuka ini bukanlah jalur pendakian yang biasa digunakan wisatawan untuk menapaki puncak gunung berketinggian 3.726 MDPL tersebut. Sebelum gempa, jalur yang biasa digunakan wisatawan dan pegiat alam adalah jalur Sembalun, Senaru dan Timbanuh. Ketiganya belum dibuka usai gempa.

"Satu dari empat jalur pendakian ke Gunung Rinjani telah dibuka awal pekan ini. Jalur itu dari arah Desa Aik Berik di Lombok Tengah. Tiga lainnya yakni jalur pendakian Timbanuh, dan Sembalun di Lombok Timur, serta Senaru, Lombok Utara. Tiga jalur ini masih ditutup karena rusak berat akibat gempa bumi," ucap Jokowi.

"Mari berwisata ke NTB, menikmati keindahan alam, air terjun, dan padang savana, di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Rinjani," sambung Jokowi.

"Pendeknya, Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Kedatangan wisatawan juga akan membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional yang sempat lumpuh akibat gempa bumi Agustus lalu," tutup Jokowi. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH