Menjadi musisi Korea pertama yang menduduki peringkat pertama Billboard Hot 100. (Foto: Billboard)

GRUP idola K-Pop Bangtan Boys (BTS) baru saja mencetak sejarah baru di Hot 100 Billboard Charts. Lewat lagu barunya Dynamite, BTS berhasil menduduki puncak Billboard 100 dan menjadikan mereka sebagai artis K-Pop pertama yang merajai chart Billboard.

Baca juga:

Seberapa Kece Lagu Berbahasa Inggris Keluaran Terbaru Tiga Grup Idola K-pop?

Label yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment pun mengungkapkan sejumlah prestasi dari BTS. “Artis Pop Korea pertama dalam sejarah yang debut #1 di Billboard Hot 100,” tulis akun Twitter @BigHitEnt.

Billboard telah mengumumkan daftar 10 artis teratas di Hot 100 untuk minggu ini yang berakhir pada 5 September. Lagu-lagu yang masuk dalam tangga lagu tersebut merupakan yang paling populer di AS dari semua genre berdasarkan streaming, pemutaran radio, dan data penjualan.

Lagu berbahasa Inggris terbaru dari BTS, Dynamite, telah memasuki tangga lagu dan berada di urutan pertama Hot 100. Dengan ini, BTS berhasil mengalahkan WAP dari Cardi B ft. Megan Thee Stallion dan Laugh Now Cry Later dari Drake ft. Lil Durk.

Baca juga:

Ultah Ke-23, Jungkook 'BTS' Kenang Pelajaran Berharga dari Orangtua

Ini adalah peringkat tertinggi dan belum pernah diraih oleh musisi Korea manapun. Sebelumnya, grup yang terdiri dari tujuh personel ini pernah mencapai posisi empat lewat debut On pada Maret 2020.

Mengutip laman Soompi, menurut Nielsen Music / MRC Data, Dynamite telah mencapai 33,9 juta streaming di AS dan 300 ribu penjualan pada minggu pertama yang berakhir 27 Agustus. Lagu ini juga didengarkan oleh 11,6 juta pemirsa radio pada pekan lalu.

Dynamite juga mencapai 264 ribu unduhan yang terjual di minggu pertama, dengan total penjualan secara keseluruhan mencapai 300 ribu, termasuk versi vinil dan kaset.

Oleh karena itu, Dynamite memiliki peringkat yang lebih tinggi dari Gangnam Style milik PSY yang mencapai posisi dua Billboard Hot 100 pada 2012.

Lewat ‘Dynamite’, BTS Jadi Grup K-Pop Pertama yang Merajai Billboard 100
Menampilkan Dynamite secara langsung di VMA 2020. (Foto: Pitchfork)

BTS menampilkan Dynamite untuk pertama kalinya di MTV Video Music Awards 2020 pada Minggu (30/8). Mereka juga membawa pulang penghargaan sebagai musisi Asia pertama yang memenangkan kategori Best Pop. (and)

Baca juga:

BTS dan BLACKPINK Catat Sejarah Baru untuk K-Pop di MTV VMA 2020


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH