Letkol Wahyu Yudhayana Ungkap Makna Iduladha Bagi Para Prajurit TNI Dandim 0501/JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Momentum Iduladha 1440 H bagi prajurit TNI memiliki arti yang sungguh spesial. Sebagai abdi negara dan masyarakat, TNI memaknai Iduladha sebagai pengorbanan dalam matra kesetiaan untuk membela bangsa dan negara.

Hal ini diungkapkan Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0501/JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana dalam perbincangannya dengan merahputih.com di Jakarta, Minggu (11/8).

Baca Juga: Melalui Dapur Kurban, Warga Miskin DKI Bisa Cicipi Daging Olahan Hotel Bintang 5

"Makna kurban yang sebenarnya adalah kesetiaan. Ini cocok sekali dengan satuan kami yang dinamika tinggi. Dibutuhkan personel yang setia," jelas Wahyu.

Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana
Letkol Inf Wahyu Yudhayana bersama prajurit TNI menyerahkan hewan kurban kepada warga (MP/Kanu)

Lebih lanjut Wahyu berharap momen Iduladha dimanfaatkan anggota TNI untuk menambah kemampuan manajerial dalam pengelolaan masjid yang baru dimiliki kesatuannya.

Sebagaimana tertera dalam sejarah dan latar belakang teologis dibalik perayaan Iduladha, Dandim Jakarta Pusat ini menegaskan loyalitas TNI semakin kuat dengan adanya momentum Iduladha.

"Kita harus melihat bagaimana dulu Nabi mengorbankan putranya. Lalu Allah memberikan toleransi diganti korban hewan. Meski tak seberat itu, tak ada alasan untuk tak melakukan tugas yang baik bagi negara dan kesatuan," jelas Wahyu.

Pada perayaan Iduladha 1440 H Kodim 0501/JP BS membagikan ratusan paket kurban untuk masyarakat menengah kebawah. Ada empat ekor sapi dan 21 kambing yang diserahkan kepada warga.

Kodim 0501 Jakarta Pusat
Hewan kurban berupa sapi dari Kodim 0501/JP BS (MP/Kanu)

Dandim 0501/JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana mengatakan, pembagian daging kurban ini tak mengenal domisili warga.

"Kami utamakan memang warga Kemayoran. Kalau ada warga yang rumahnya di luar Makodim atau di luar Jakarta Pusat ya silahkan. Gak kami batasi, selagi masih ada kuponnya ya silakan," kata Wahyu.

Baca Juga: Lewat Akun Twitter, Prabowo Sampaikan Ucapan dan Pesan Iduladha

Wahyu Yudhayana melanjutkan, ada 500 paket. Setiap paket 1,5 kilogram.

"Kami packing tak pakai plastik tapi besek bambu. Sehingga apa yang jadi imbauan pemerintah mengurangi plastik sudah kami lakukan," jelas Wahyu.

Nantinya, paket kurban ini ada yang sebagian diberikan untuk internal anggota TNI yang berkurban.

"Adapula makan bersama anggota sekaligus kumpul dan silaturahmi," pungkas Letkol Wahyu Yudhayana.(Knu)

Baca Juga: Jadi Khatib Salat Iduladha, Ustaz Yusuf Mansur: Umat Jangan Terjebak Dalam Zona Nyaman



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH