Headline

Letjen TNI Andika Perkasa Naik Posisi Jadi Pangkostrad

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 14 Juli 2018
Letjen TNI Andika Perkasa Naik Posisi Jadi Pangkostrad
Mayjen TNI Andika Perkasa (kiri) saat serah terima jabatan (sertijab) dengan Mayjen TNI Doni Monardo (Antara Foto)

MerahPutih.Com - Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa akan mengemban tugas baru sebagai Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letjen TNI Agus Kriswanto yang segera memasuki masa pensiun.

Letjen TNI Andika Perkasa sebelumnya menjabat Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklatad) dipromosikan menjadi Pangkostrad.

"Iya benar ada pemutasian jabatan Pati, termasuk Letjen TNI Andika Perkasa," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah ketika dikonfirmasi, Jumat (13/7) malam.

Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII/2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Kepala Setum TNI Brigjen Ferry Zein tertanggal 13 Juli 2018, Marsekal Hadi Tjahjanto memutasi 29 perwira tinggi (pati).

"Skep-nya (surat keputusan,red) 'kan sudah keluar. Kalau soal pelantikan dinamis, waktunya nanti melihat dari pimpinan," kata Kapuspen TNI.

Letjen TNI Agus Kriswanto
Letjen TNI Agus Kriswanto (kanan) ditunjuk menjadi Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Edy Rahmayadi. (Facebook/Denny Arisandhie MG)

Selain Andika Perkasa, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen AP Putranto juga mendapat promosi dengan menggantikan posisi yang akan ditinggalkan Andika, yaitu Komandan Kodiklatad.

Sebagaimana dilansir Antara, Putranto akan menyandang bintang tiga di pundaknya. Mayjen Putranto yang merupakan alumnus Akmil 1987 bakal menyamai torehan bintang seangkatannya yang lebih dahulu disandang Andika dan Letjen Muhammad Herindra yang kini menjabat Irjen TNI.

Selain itu, Dankodiklat TNI Mayjen Agung Risdhianto juga dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. Agung yang merupakan alumnus Akmil 1985 merupakan mantan sekretaris pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Agus Surya Bakti yang merupakan suami dari Bella Saphira juga dimutasi menjadi Asintel Panglima TNI. Sementara Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono akan menjabat Dankodiklat TNI.

Letjen TNI Andika Perkasa yang merupakan menantu Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Purn Hendropriyono dikabarkan akan menjabat Kepala Staf TNI AD (KSAD) untuk menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang akan pensiun pada Januari 2019.

Sebelum menjadi Komandan Kodiklatad, Andika Perkasa menduduki Pangdam XII/Tanjungpura, Komandan Paspampres dan Kepala Dinas Penerangan AD (Kadispenad).(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pemetaan Lahan Calon Ibu Kota Indonesia Akan Berakhir Desember 2018

#Pangkostrad #Mayjen TNI Andika Perkasa #A.M Hendropriyono #Mutasi TNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan