Letih dan tak Bertenaga? Saatnya Lakukan Detoksifikasi Setelah hari raya, tubuh butuh didetoksifikasi. (foto: pixabay/olichel)

HARI raya Idul Adha sudah berlalu. Namun, efeknya mungkin masih terasa di tubuhmu. Terlebih katika hari itu, kamu lengah menjaga asupan kalori. Jika sudah begitu, pola makan pun jadi tidak terkendali. Akibatnya, tubuh mudah terasa letih dan tak bertenanga.

Oleh karena itu, penting banget untuk membersihkan tubuh setelah makan-makan hari raya. Seperti dilansir Times Now News, kamu bisa melakukan langkah-langkah mudah detoksifikasi tubuh sebagai berikut.

1. Banyak minum air putih

water
Hidrasi yang cukup akan melancarkan pencernaan. (foto: pixabay/public domain pictures)

Air putih jadi bagian penting dari proses pembersihan tubuh. Hidrasi yang cukup akan membantu melancarkan pencernaan. Minum air putih sebelum makan akan meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih banyak.

Nilai plusnya, banyak minum air putih bisa mempercantik dan menyehatkan kulit serta rambut.


2. Batasi karbohidrat

rice
Kurangi asupan karbohidrat. (foto: pixabay/margaret_1974)


Asupan berlebih karbohidrat akan menumpuk di tubuh sehingga menyebabkan berat badan naik. Konsumsilah kalori secukup yang dibutuhkan tubuh. Kalau masih berlebih, bakar kalori dalam tubuh dengan olahraga.

3. Kontrol porsi makan

eatng
Kurangi porsi makanan. (foto: pixabay/twin_1961)

Selain membatasi karbohidrat, kamu juga perlu mengurangi interval makan. Perhatikan juga porsi makan kamu. Pakailah piring ukuran kecil dan gelas kecil untuk minuman manis.

4. Lakukan olahraga kardio

people
Lakukan latihan kardio, seperti lari. (foto: pixabay/stocksnap)

Untuk membakar kalori, olahraga kardio amat penting dilakukan. Lakukanlah beberapa jenis latihan kardio, seperti lari, renang, atau lompat tali.

5. Tidur cukup

sleep
Cukupkan tidur 7-8 jam sehari. (foto: pixabay/engine_akyurt)

Studi menunjukkan kurang tidur merupakan salah satu penyebab utama obesitas. Kurang tidur juga menyebabkan obesitas pada anak-anak maupun orang dewasa. Jadi pastikan kamu mendapatkan tidur nyenyak. Tidurlah setidaknya 7 hingga 8 jam sehari.(*)



Dwi Astarini