Lestarikan Barong, Badung Gelar "Taman Ayun Barong Festival 2017"

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 02 Agustus 2017
Lestarikan Barong, Badung Gelar
Barong Bali (YouTube)

GUNA melestarikan Barong sebagai warisan budaya tidak benda yang telah diakui UNESCO, pihak Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melalui Penglingsir Puri Ageng Mengwi menggelar "Taman Ayun Barong Festival 2017" pada 5-6 Agustus mendatang.

"Melalui festival itu, kami harapkan akan dapat membumikan seni budaya barong agar tetap lestari dari generasi ke generasi," ujar Penglingsir Puri Ageng Mengwi, Anak Agung Gde Agung, di Mengwi, Rabu (2/8).

Nantinya, festival akan diikuti oleh seniman bapang barong sebanyak 12 peserta untuk kategori remaja dan dewasa. Selain itu ada juga penampilan barong buntut dari kalangan anak-anak dengan peserta sebanyak 22 peserta.

Gde Agung yang juga mantan Bupati Badung ini menambahkan, untuk pelaksanaan pentas barong dewasa dipentaskan di Jaba Tengah Taman Ayun mulai Pukul 17.00 WITA. Sedangkan untuk Festival Barong Buntut digelar di Wantilan Taman Ayun, pada Pukul 15.00 WITA.

"Peserta barong buntut ini rata-rata masih mengenyam pendidikan di sekolah dasar dan Sekolah menengah pertama. Pada Sabtu (5/8) akan dipentaskan 11 peserta kesenian barong buntut dan hari kedua pada Minggu (6/8) sebanyak 11 orang," katanya.

Selain itu, dalam kegiatan bapang barong ini juga akan diuji kemampuan seniman kendang untuk memainkan alunan gendangnya dengan penari barong dari daerah lainnya. (*)

Sumber: Antara

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Kereta Singa Barong Simbol Tiga Budaya, Agama, Dan Bangsa

#Tari Bali #Wisata Bali #Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan