Lemhanas Sebut Pancasila Sumber Pemersatu Bangsa Polisi menggiring tersangka pemasok senjata teroris bom Polres Surakarta. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pemantapan Nilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Paulina Theresia Ekowati mengatakan Pancasila adalah sumber pemersatu bangsa.

Ia percaya bahwa Indonesia tidak akan terpecah jika semuanya mengacu kepada Pancasila. "Saya yakin tidak akan ada lagi perpecahan kalau kita kembali ke Pancasila," kata Paulina di Jakarta, Jumat (7/4).

Paulina menilai selama ini generasi muda kerap melupakan nilai luhur dari Pancasila. Sebagian generasi muda tidak lagi menjadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan bermasyarakat. Akibatnya, tidak jarang munculnya gesekan-gesekan yang memicu perdebatan menyangkut suku, ras, agama dan antargolongan (SARA).

"Seharusnya, sudah tidak ada lagi perdebatan tentang SARA, kalau kita semua berpegang teguh terhadap Pancasila. Pancasila mengajarkan kepada kita, bagaimana toleransi bisa diimplementasikan ke kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Sementara itu, Ketua STIE Kasih Bangsa Ekawahyu Kasih mengatakan, bela negara tidak hanya identik dengan mengangkat senjata, tetapi juga diwujudkan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan keahlian.

"Hal terpenting adalah para generasi muda bisa terus meningkatkan toleransi dalam berbangsa dan bernegara," kata Eka.

Eka mengatakan pada era globalisasi, tantangan yang dihadapi generasi muda akan semakin berat. Salah satunya adalah semakin mencuatnya paham radikalisme ke permukaan yang mengancam eksistensi dari Pancasila.

"Karena itu, mahasiswa perlu dibekali dengan pemahaman bela negara untuk menangkal radikalisme," tandas Eka.

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH