Lembaga Survei: PDIP Ambil Untung dari Kinerja Jokowi Presiden Jokowi

MerahPutih.com - Peneliti Centre for Strategic And Internasional Studies (CSIS) menyebut PDI Perjuangan mengambil untung dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Hasil itu diperoleh dari survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 23-30 Agustus 2017 lalu.

CSIS memaparkan, 68,3 persen masyarakat Indonesia menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi.

Peneliti CSIS Arya Fernandes mengungkapkan, dukungan terhadap Joko Widodo masih kuat berasal dari pemilih partai-partai pendukung utama pemerintah, seperti PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, dan PPP.

"Dari sisi kepartaian, PDI Perjuangan mengambil banyak keuntungan dari kepuasan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dibandingkan dengan anggota koalisi politik lainnya. Semakin masyarakat puas terhadap kinerja pemerintah, semakin berpotensi memberikan pilihan kepada PDI Perjuangan," kata Arya di Gedung Pakarti, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Stabilitas suara PDI Perjuangan ini, kata dia, menunjukkan posisi partai yang membonceng suara Jokowi.

"Hal tersebut misalnya tampak kurang efektifnya tingkat kesukaan dan pengenalan terhadap partai. Hanya 70.7 persen pemilih yang suka PDIP dari 94.3 persen yang mengenal PDIP," katanya.

Hal yang sama juga dinikmati Partai Golkar. Menurutnya, suara partai berlambang pohon beringin mengalami kenaikan dari 11.4 persen pada 2015 menjadi 14.1 persen pada tahun 2016 karena secara massif mendukung pencalonan Joko Widodo sebagai Presiden. (Fdi)

Baca berita terkait Presiden Joko Widodo lainnya di: Survei CSIS: Jokowi Takkan Bernasib Sama Seperti Ahok



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH