Lembaga Survei Boni Hargens Sebut Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 18 September 2022
Lembaga Survei Boni Hargens Sebut Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh
Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens . (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) melakukan survei tokoh berpengaruh.

Dari survei ini, menunjukkan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan merupakan tokoh paling berpengaruh di antara para menteri dan kepala lembaga negara.

Baca Juga:

Klarifikasi BIN soal Pertemuan Budi Gunawan dengan Rizieq Shihab di Arab Saudi

Survei ini dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi.

Survei ini bermaksud mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I Tahun 2022.

Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purpose sampling di mana subyek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

"Dari 45 nama tersebut, ada 10 menteri atau kepala lembaga negara yang masuk kategori tokoh paling berpengaruh dan di nomor satu adalah Kepala BIN Pak Budi Gunawan dengan skor nilai 2,39 dari skala 0 sampai 4," ujar Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens di Jakarta, Sabtu (17/9).

Selain Budi Gunawan, tokoh berpengaruh lainnya adalah Panglima TNI Andhika Perkasa, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menkopolkam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Boni menegaskan, 10 tokoh yang terbaik ini adalah mereka yang dinilai kalangan menengah intelektual Indonesia sebagai orang-orang yang menjadi tulang punggung Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan pembangunan selama semester awal Tahun Kerja 2022.

"Saya kira publik melihat sendiri bagaimana para tokoh ini bekerja dan berdedikasi selama ini. Wajar jika hasil survei ini memberikan affirmasi yang sepadan terhadap mereka," ujar doktor lulusan terbaik dari Universitas Walden, Amerika Serikat itu.

Boni mengatakan, Kepala BIN Budi Gunawan adalah sosok yang cerdas, bekerja dalam senyap, dan sangat professional dalam melaksanakan tugasnya baik sebagai kepala BIN maupun sebagai orang dekat Presiden Joko Widodo.

Dalam pemaparannya, Peneliti LPI , Febri Wahyuni mengungkapkan Budi Gunawan merupakan tokoh yang paling berpengaruh. perolehan skor 2.39. Hal ini tampak pada indikator pengaruh yang berbasis pada kepiawaian seorang pemimpin dalam dua sub indikator yaitu dalam hal perumusan kebijakan, agenda program sekaligus mengimplementasikannya dan pengaruh pemimpin tersebut dalam menahkodai institusinya.

"Terhadap dua unsur tersebut, responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN terutama dalam hal penanggulangan wabah Covid-19 sekaligus mengawal fase transisi dari pandemi ke endemik," tutur Wahyuni.

Responden, juga menilai reputasi Budi Gunawan dalam memimpin institusi BIN juga tampak dari terobosan kebijakan serta ketangkasan lintas kompartementasi di internal institusi dalam merespon beragam dimensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan atau ATHG.

"Ketangkasan Pak Budi Gunawan juga sekaligus memberikan deteksi, analisa, proyeksi dan strategi untuk menempuh kebijakan yang akan diambil oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) selaku end user-nya," ungkap Wahyuni.

Sementara Direktur IPI, Karyono Wibowo menilai wajar jika Budi Gunawan menjadi tokoh paling berpengaruh.

"Sesuatu yang wajar bahwa Kepala BIN berada di posisi teratas karena kontribusi pemikiran dan tenaga BIN yang luar biasa besar dalam memerangi Covid-19, sosialisasi seperti pembangunan ibukota negara (IKN) di Kalimantan Timur, dan kebijakan strategis lainnya yang dijalankan pemerintah," terang Karyono.

Direktur Indonesian Club, Gigih Guntoro, yang hadir dalam rilis survei itu mengaku tidak tertarik dengan isu popularitas para calon presiden dan wakil presiden.

"Survei ini untuk mengapresiasi kerja pemerintah dan menjaga kepercayaan publik terhadap negara." katanya. (Pon)

Baca Juga:

ICW Minta Budi Gunawan Dicopot, Pengamat: Salah Alamat

#BIN #Pemilu
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan