Lembapkan Kulit Menggunakan Minyak Zaitun Selama #DiRumahAja Minyak zaitun (Foto: Pixabay/stevepb)

PANDEMI virus corona baru atau COVID-19 memang membuat orang terpaksa melakukan segala aktivitasnya di dalam rumah. Alhasil tubuh yang biasa melakuka perawatan ke salon harus bersabar hingga masa sulit ini berakhir.

Namun, dokter spesialis kulit Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Ariani Astasari Widodo punya resep jika kamu kehabisan pelembab selama harus #DiRumahAja. Salah satunya menggunakan minyak zaitun.

Baca juga:

Yuk Merawat Kulit Selama #DiRumahAja

"Apabila di rumah tidak ada pelembap, dapat memberikan minyak zaitun (olive oil) atau minyak kelapa (coconut oil) – bukan minyak sawit (palm oil) yang digunakan untuk menggoreng – segera setelah membasahi kulit dengan air," ucapnya seperti dilansir Antaranews.com.

Minyak zaitun bagus untuk kulit (Foto: Pixabay/silviarita)
Minyak zaitun bagus untuk kulit (Foto: Pixabay/silviarita)

Cara menggunakannya pun sederhana. lembabkan dulu area wajah menggunakan air bersih, lalu tepuk-tepuk kulit. Kemudian oleskan minyak zaitun secara merata untuk menjaga kulit tetap lembab.

Menurut Arini, selain memberikan hidrasi berupa air ke kulit, akan lebih baik jika menambahkan pelembab segera setelah mengunci hidrasi yang telah diberikan oleh air. Apalagi di masa Ramadan ini risiko kulit kering bisa meningkat karena dehidrasi selama berpuasa.

Ia menyarankan untuk menghidari minuman yang membuat kamu cepat haus. "Teh dan kopi merupakan diuretik (menarik air sehingga lebih banyak keluar ke air seni), sehingga untuk hidrasi lebih baik menggunakan air putih," kata Arini.

Baca juga:

Suka Makan Gorengan? Hati-hati Dampaknya Bagi Kulit

Metode lain untuk mencegah kulit kering ialah meningkatkan kelembapan rumah, misalnya menggunakan humidifier. kamu juga bis amembuka ventilasi rumah atau jendela dan tak menggunakan AC selama 24 jam.

Kulit memang butuh pelembab (Foto: Pixabay/ivanovgood)
Kulit memang butuh pelembab (Foto: Pixabay/ivanovgood)

"Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki humidity yang relatif lebih tinggi dibandingkan negara lain. Dapat dioptimalkan juga dengan menaruh air yang dipanaskan, sehingga air yang menguap dapat membantu melembabkan ruangan, tetapi hati-hati penggunaan air panas di dekat jangkauan anak-anak," paparnya.

Terakhir ia menyarankan jangan menggunakan air panas untuk mandi. Karena hal itu bisa menghilangkan minyak alami kulit. Kemudian batasi mandi, maksimal 5-10 menit saja.

"Gunakan pembersih wajah yang lembut. Karena era corona terdapat kecenderungan untuk memakai sabun antiseptik, hal ini membuat kulit semakin kering. Virus corona dapat mati menggunakan sabun biasa, tidak perlu menggunakan sabun antiseptik. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan mengandung pelembap," tutup Arini. (Yni)

Baca juga:

4 Alasan Perempuan Dewasa Betah Menjomlo


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH