Lemang Sajian Istimewa Hari Raya Masyarakat Melayu Lemang kerap disajikan dalam waktu-waktu khusus. (Foto: Instagram @faidzyusub)

HARI Raya Idulfitri selalu dimeriahkan dengan beragam sajian kuliner khas. Di beberapa daerah, ketupat menjadi sajian wajib untuk menu buka setelah sebulan lamanya berpuasa.

Di beberapa daerah, ada sajian lemang. Lemang merupakan olahan ketan yang dimasak dalam bambu dengan cara dibakar. Oleh masyarakat Melayu, lemang menjadi sajian pada saat hari raya baik Idulfitri maupun Iduladha.

Lemang merupakan makanan yang dapat ditemukan di Asia Tenggara khususnya nusantara, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Di beberapa daerah dijajakan sebagai penganan yang bisa menggantikan nasi.

Pengolahan lemang dengan cara dibakar dalam api yang besar. (Instagram/ dyna_ouroma)
Pengolahan lemang dengan cara dibakar dalam api yang besar. (Foto: Instagram @dyna_ouroma)

Lemang dimasak dalam bambu sehingga mengeluarkan harum yang menggugah selera. Pertama-tama, bambu bagian dalam dilapisi daun pisang muda kemudian dimasukkan beras ketan dan santan. Lalu dibakar hingga matang.

Lemang lebih enak dimakan hangat-hangat. Kalau terlalu lama akan mengeras. Sebaiknya dihangatkan kembali jika sudah mengeras. Lemang bisa disajikan dengan beragam daging kuah atau juga bisa disantap dengan saus manis.

Lemang dalam masyarakat Dayak dikenal sebagai makanan pesta adat. Di Melayu disajikan saat hari raya, dan di beberapa daerah di Sumatera dibuat pada hari raya sekaligus pesta adat. Seperti di Palembang, Sumatera Selatan, dan Padang, Sumatera Barat, lamang disajikan dengan menu gulai atau rendang daging saat Lebaran. Namun di luar hari Lebaran, terdapat juga di pasar-pasar tradisional.

Makanan tradisional lemang disajikan dengan cara dipotong-potong kecil. (Instagram/ hmhady13)
Makanan tradisional lemang disajikan dengan cara dipotong-potong kecil. (Foto: Instagram @hmhady13)

Sementara itu di wilayah Banten di sebut leumeung. Biasanya dijajakan pada pagi hari oleh para pembuat leumeung. Leumeung biasa dibawa ke pasar-pasar sebagai jajanan pasar. Saat ini lemang memang telah menjadi makanan khas beberapa daerah dengan penyajian berbeda-beda.

Kamu juga bisa membuatnya di rumah. Namun, pengolahannya yang menggunakan bambu yang membuatnya sulit. Di beberapa daerah, hanya orang-orang tertentu yang bisa membuatnya dengan baik. Lemang menjadi empuk dan rasa gurih dan aroma bakar yang kuat tanpa gosong. (zul)

Baca juga berita lainnya tentang kuliner hari raya dalam artikel: Buah Tangan yang Patut Dibawa saat Silaturahmi Lebaran

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH