Lemak Memiliki Kegunaan pada Tubuh, Jangan Dihilangkan Ikan salmon mengandung HDL yang berguna bagi tubuh. (Foto: Pexels/Pixabay)

SEMUA yang ada pada tubuh memiliki kegunaan dan fungsinya masing. Seperti halnya lemak. Sayangnya lemak dipandang sebagai biang kerok perusak penampilan. Sebelum marah-marah pada lemak kamu harus tahu fungsinya bagi tubuh. Hanya saja sayangnya lemak tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Butuh asupaan dari luar untuk membentuknya.

Menurut laman Alodokter, lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebagaimana protein dan karbohidrat. Keberadaan lemak dalam porsi makanan kamu sangat penting untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.

lemak
Avokad mengandung lemak baik. (Foto: Pixabay/coyot)

Fungsi lemak baik untuk tubuh manusia, seperti membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E. Kemudian lemakjuga membantu vitamin agar mudah larut di dalam tubuh. Lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Tentunya harus dikonsumsi dalam jumlah normal. Kelebihan lemak dan tidak melakukan aktivitas akan membuat tubuh gemuk.

Lemak juga dapat membantu menyehatkan kulit dan rambut, jadi jangan sampai kekurangan lemak bila tidak ingin kulit menjadi kusam. Terutama di daerah dingin lemak dapat membantu membuat tubuh menjadi hangat atau disebut menjadi isolator bagi tubuh. Selain itu lemak berfungsi melindungi organ tubuh dari kerusakan, membangun sel dan memproduksi hormon.

lemak
Ikan salmon mengandung lemak yang baik bagi tubuh. (Foto: Pexels/Oscar Mikols)

Untuk mendapatkan lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh, biasanya didapatkan dari buah avokad, minyak zaitun, hazelnut, almond, dan kacang-kacangan. Jenis lemak ini disebut lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga tingkat kolesterol baik (HDL)

Sementara lemak tak jenuh ganda mampu menurunkan kadar LDL. Lemak ini biasanya terkandung dalam Omega 6 dan 3. Jenis lemak ini ditemukan di ikan salmon, tuna, buah kenari, dan biji lenan.

Yang disebut dengan lemak trans adalah lemak tidak sehat yang meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Biasanya mudah ditemukan pada gorengan dan junk food. Lemak ini menurut alodokter menjadi penyebab stroke, diabetes tipe 2, dan gangguan jantung.

lemak
Hati-hati dengan junk food yang mengandung kolesterol. (Foto: highsnobiety)

Yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang sangat mudah meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lemak jenuh akan tampak berbeda bentuknya dengan lemak tak jenuh karena biasanya berubah menjadi bentuk padat atau membeku di suhu ruangan biasa. Lemak ini ada pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, atau kulit ayam.

Lemak masih dibutuhkan oleh tubuh. Tak semua lemak dianggap jahat. Carilah sumber lemak yang baik dan berguna bagi tubuh. Hindari makanan-makanan yang mengandung LDL. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH