Lelang Gula Rafinasi Dinilai Untungkan UMKM dan Tutup Celah Rembes

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 27 September 2017
Lelang Gula Rafinasi Dinilai Untungkan UMKM dan Tutup Celah Rembes
Ilustrasi stok gula pasir bulog. (ANTARA FOTO/Rahmad)

MerahPutih.com - Tinggal hitungan hari bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk dapat mengecap manisnya gula rafinasi. Rencananya pada 1 Oktober 2017 pemerintah akan mulai memberlakukan kebijakan lelang gula rafinasi yang dinilai akan menguntungkan UMKM tersebut.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance, Bhima Yudhistira mengatakan dengan adanya kebijakan lelang gula rafinasi, akan memberikan kepastian pasokan gula terhadap UMKM.

“Konsep lelang gula sebenarnya cukup ideal untuk memberikan kepastian pasokan gula kepada UMKM,” kata Bhima ketika dihubungi wartawan, Selasa (26/9).

Menurutnya, saat ini UMKM sulit bersaing karena pasokan gula didominasi oleh pemain besar. “Selama ini UMKM memang sulit bersaing dengan industri karena pasokan gula didominasi oleh pelaku skala besar,” ujarnya.

Lelang yang rencananya dihelat melalui sistem online ini bertujuan agar mekanisme penjualan gula rafinasi lebih transparan. Selain itu, untuk mencegah terjadinya rembesan yang menurut Sucofindo mencapai 300 ribu ton, lelang gula ini akan dilengkapi dengan sistem barcode, sehingga pengawasan kemana perginya gula lebih bisa terpantau. Bhima pun mengatakan bahwasannya pengawasan pelaksanaan lelang harus diperketat.

“Intinya pengawasan dan integritas pelaksana lelang harus diperketat,” pungkasnya.

Ketua Asosiasi Industri Kecil dan Menengah Agro (Aikma) Jawa Barat, Suyono, juga meyakini bahwa lelang gula rafinasi bertujuan agar tidak terjadi kebocoran. "Kalau untuk jaminan tidak rembes jaminan sistem lelang saya setuju 1ribu persen,” ujar dia.

Suyono mengatakan siap mengikuti lelang gula rafinasi, dia mengaku siap untuk menyerap gula rafinasi sebanyak 70 ribu ton. "Kita sudah siap semua lahir batin persyaratannya," tandas Suyono. (*)

#UMKM #UKM/UMKM
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan