Lelang Batu Terbesar dari Bulan. Tertarik?

Leonard Leonard - Senin, 04 Mei 2020
Lelang Batu Terbesar dari Bulan. Tertarik?
Batu Bulan memiliki banyak kandungan yang tidak ada di Bumi. (Foto: Unsplash/ Luke Stackpoole)

NWA 12691 adalah nomor registasi sebongkah batu yang berasal dari bulan jatuh ke Bumi. Batu itu bagian dari peristiwa hujan meteorit besar. Batu ini ditemukan di Gurun Sahara dua tahun yang lalu. Secara total, setidaknya terdapat 30 jenis meteorit yang berbeda yang dikumpulkan dari peristiwa hujan meteorit itu.

Sekarang, seperti dilansir laman T+L, batu NWA 12691 dengan berat lebih dari 13,5 kg ini akan dilego dengan harga sekitar Rp37 miliar.

Baca juga:

Menakjubkan, Inilah Peta Terbaru Bulan

1
Batu ini dinamakan NWA 12691 (Foto: fox4kc)

"Setiap kali saya melihat spesimen ukurannya yang tipis membuat saya kenyang. Dengan beratnya yang lebih dari 13,5kg, ini jauh lebih besar dari apa pun yang pernah ditawarkan sebelumnya. Pengalaman memegang benda dari dunia lain di tangan kamu adalah sesuatu yang tidak akan kamu lupakan," kata kepala Ilmu Pengetahuan & Sejarah Alam untuk Christie's, James Hyslop.

Menurut Christie, setidaknya terdapat sekitar 650 kilogram meteorit bulan yang dikenal di Bumi. Bahkan program ruang angkasa Apollo tidak pernah membawa benda asing apa pun dengan ukuran sebesar ini.

Meteorit bulan dapat diidentifikasi oleh berbagai macam tanda. Mulai dari teksturnya hingga unsur kimiawi dan isotop yang khas. Batuan ini juga mengandung gas yang ditangkap oleh angin matahari yang berbeda dari yang pernah ditemukan di Bumi.

Baca juga:

Peringati Hari Bumi, NASA Rilis Poster Fase Bumi

2
Tekstur dan unsur kimiawinya sangat khas (Foto: thetimes)

Selain meteorit bulan yang besar, Christie juga menjual 13 meteorit besi estetis, yang nilainya diperkirakan sekitar lebih dari Rp25,5 miliar.

Penjualan tersebut terjadi ketika orang Amerika bersiap untuk peluncurkan ke luar angkasa menggunakan roket dan pesawat ruang angkasa dari AS untuk pertama kalinya sejak 2011.

Namun jika kamu tidak cukup uang untuk membeli mahal batu bulan itu, kamu dapat melakukan perjalanan ke sana secara gratis lewat tur NASA, termasuk melihat-lihat Stasiun Luar Angkasa Internasional. (lgi)

Baca juga:

Stasiun Ruang Angkasa Komersial Pertama NASA Akan Terealisasi

#Meteor #Meteor Jatuh
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan