Leica CL, Kamera Anyar Hasil Kolaborasi Bersama Desainer Paul Smith Leica bekerjasama dengan Paul Smith untuk menciptakan kamera limited edition (Foto: Leica)

LAGI, produsen kamera ternama Leica melakukan kolaborasi bersama tokoh besar. Produsen kamera asal Jerman tersebut berkolaborasi dengan desainer besar Paul Smith, mengisi jajaran kamera edisi terbatas, Leica CL Paul Smith Edition.

Leica CL, Kamera Anyar Hasil Kolaborasi Bersama Desainer Paul Smith
Walaupun terlihat seperti kamera 'mainan', kamera tetap menunjukan kemewahannya (Foto: Leica)

Sebelumnya, Leica juga pernah berkolaborasi dengan tokoh terkenal, seperti Clarence Leonidas Fender, pendiri produsen gitar ternama Fender. Tidak jauh-jauh dari kolaborasi bersama Fender yang mengeluarkan edisi terbatas, Leica bersama Paul Smith juga menciptakan kamera limited edition yang hanya diproduksi 900 unit di dunia.

Baca juga:

Leica dan Fender Rilis Kamera dan Gitar Andy Summer 'Limited Edition'

Paul Smith sendiri merupakan tokoh besar dari dunia fashion atau lebih tepatnya seorang fashion designer. Awalnya, Paul Smith berfokus pada busana laki-laki, sampai akhirnya Paul Smith melebarkan sayapnya ke ranah lain, hingga dirinya mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2010, berkat karyanya yang luar biasa.

Dari situ, bersama Leica, keduanya menciptkan kamera dengan peforma yang luar biasa dan tentunya fashionable untuk dibawa sebagai aksesoris, untuk itulah Leica model CL dipilih sebagai kanvas untuk menumpahkan desain karyanya.

Baca juga:

Cuma Diproduksi 30 Unit, Leica meluncurkan Kamera Seri M10 dengan SC Asset

Kamera Leica CL sendiri telah mengadopsi sensor dengan resolusi 24 Megapixel dan mendukung rekaman video hingga resolusi 4K. Dengan kemampuan sebesar itu, tentu membuat membuat Leica CL Paul Smith Edition menjadi senjata yang kuat dalam videografi maupun fotografi, namun dengan tampilan unik yang ditawarkan oleh Paul Smith. Selain itu, setiap pembelian Leica CL Paul Smith Edition diberikan lensa wide angle khas Leica Elmarit-TL 18mm f/2.8 ASPH.

Leica CL, Kamera Anyar Hasil Kolaborasi Bersama Desainer Paul Smith
Tidak ketinggalan quote dari Paul Smith disematkan di kamera ini (Foto: Leica)

Kamera ini sendiri memiliki bagian atas dengan warna biru terang. Walaupun sekilas terlihat seperti kamera 'mainan', kamera ini tetap menunjukan kemewahannya dengan logo Leica. Pada bagian atas viewfinder terdapat gambar mata, menjadi penanda bahwa di bawah logo tersebut merupakan viewfinder untuk melihat gambar yang ditangkap kamera tersebut.

Tidak ketinggalan, quote yang terkenal dari Paul Smith, yaitu "look and see" tertulis diatas layar kamera. Kamera ini dibanderol dengan harga USD 3.995 atau sekitar Rp 56 juta. Tertarik? (Jhn)

Baca juga:

SL2, Kamera Mirrorless Fullframe Leica dengan Resolusi 47 Megapixel



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH