Leher Menghitam, Alarm untuk Cek Kondisi Kesehatan Leher menghitam. (Foto: wp.com)

LEHER menghitam dengan warna yang lebih gelap daripada kulit sekitarnya bisa menjadi alarm. Ini bukan penyakit, tetapi bisa jadi gejala sebuah penyakit yang tengah menyerang Anda.

Gejala lain yang perlu diwaspadai ialah bila menghitamnya kulit leher dibarengi dengan penebalan kulit, kulit kasar, dan gatal. Anda disarankan segera konsultasi dengan dokter bila perubahan terjadi dengan cepat.

Leher menghitam bisa terjadi pada siapa pun. Pria, perempuan, dewasa, dan anak-anak. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan kadar insulin seseorang, khususnya yang terkena prediabetes atau diabetes.

Anak-anak yang lehernya menghitam juga perlu dicek apakah ia terkena diabetes tipe 2. Selain diabetes, leher yang berubah jadi lebih gelap juga bisa dijumpai pada penderita kanker, gangguan hormon serta obesitas.

Penyebab lainnya ialah obat-obatan dan suplemen yang mengandung niacin, pil KB, dan prednisone. Healthline menyebutkan leher menghitam dapat diatas dengan mengaplikasikan krim yang mengandung vitamin D dan alpha hydroxy acid, eksfoliasi, chemical peeling, atau laser.

Sebelum melakukan berbagai perawatan untuk mencerahkan kulit leher, Anda lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. (*)

Dapatkan tips kesehatan lain pada artikel Jangan Depresi, Anda Bisa Terkena Diabetes.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH