Leher Hitam Ternyata Bukan Hanya Karena Jarang Mandi Leher hitam mengindikasikan penyakit tertentu. (Foto: Pixabay/73496)

BIASANYA orang yang memiliki leher hitam akan minder dan berusaha menutupinya karena malu diledek teman. Hal itu lantaran leher hitam selalu dikaitkan dengan jarang mandi. Padahal anggapan tersebut tiak sepenuhnya benar.

Kondisi leher hitam bukan hanya disebabkan karena kotoran berupa daki yang menumpuk di lipatan kulit. Penyakit tertentu juga berpotensi menyebabkan masalah tersebut.

Baca juga:

Mitos Kesehatan yang Tidak Sepenuhnya Benar

Melansir dari healthline.com, leher hitam merupakan tanda peringatan bahwa tubuhmu mungkin mengalami hal yang serius. Penting untuk mengunjungi dokter dan memeriksakan hal tersebut agar langsung ditangani dengan tepat.

Tapi jika ingin mencoba usaha sendiri dulu tak apa. Banyak tips yang dinilai efektif untuk menghilangkan area gelap pada leher. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Eksfoliasi

Scrub kulit menggunakan produk eksfoliasi. (Foto: Pixabay/Jlb_Enjoy)
Scrub kulit menggunakan produk eksfoliasi. (Foto: Pixabay/Jlb_Enjoy)

Jika memang masalah leher hitam karena daki yang tidak terangkat saat mandi, sebaiknya kamu segera eksfoliasi area tersebut. Beli scrub tubuh yang teksturnya ringan karena kulit area leher cukup sensitif. Rutin seminggu sekali menggosok leher dengan produk eksfoliasi akan membantu memudarkan warna gelap.

2. Ganti Produk

Pilih produk organik anti kimia. (Foto: Pixabay/silviarita)
Pilih produk organik anti kimia. (Foto: Pixabay/silviarita)

Sudah rajin mandi dan eksfoliasi tapi leher hitam tak kunjung pudar? Mungkin kulitmu tidak cocok dengan produk yang sedang kamu gunakan. Yang namanya rangkaian perawatan tubuh memang seperti mencari jodoh, cocok-cocokan!

Baca juga:

Selamat Tinggal Bau Ketiak!

Tidak ada salahnya mengganti produk secara berkala agar menemukan yang paling pas dengan kulitmu. Perhatikan juga kandungan yang terdapat di dalamnya. Pastikan produk yang kamu gunakan terhindar dari senyawa racun dan merkuri.

3. Laser

Penggunaan laser menyeimbangkan pigmen kulit. (Foto: Pixabay/AlarconAudiovisual)
Penggunaan laser menyeimbangkan pigmen kulit. (Foto: Pixabay/AlarconAudiovisual)

Jika kamu sudah sangat putus asa karena sudah mencoba berbagai produk, coba lah untuk konsultasi ke dokter kulit atau dokter kecantikan. Biasanya mereka menawarkan laser untuk mengubah pigmen kulit yang lebih gelap. Karena dalam beberapa kasus, leher hitam ternyata bisa disebabkan karena pigmen kulit yang berbeda.

4. Gaya Hidup

Tanamkan pola hidup sehat. (Foto: Pixabay/5132824)
Tanamkan pola hidup sehat. (Foto: Pixabay/5132824)

Perhatikan pola hidup serta asupan gizi yang kamu konsumsi setiap hari. Pastikan gula darah selalu dalam kondisi normal. Karena, gula darah yang terlalu tinggi ternyata bisa menyebabkan beberapa area kulit berubah menjadi gelap, termasuk bagian leher.

Hal ini disebabkan karena terjadinya resistensi kulit terhadap insulin sehingga mengakibatkan perubahan warna. Rajin olahraga akan membakar kalori dan kadar gula berlebihan pada tubuh. (mar)

Baca juga:

Menghilangkan Ketombe Secara Kilat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH