Permainan Ini Bikin Pria Lebih Pintar Membaca Peta Dibanding Perempuan Pria lebih pintar bernavigasi dibandingkan perempuan (Foto: Pexels/slon_dot_pics)

KEMAMPUAN membaca peta pria dan perempuan rupanya berbeda. Pria lebih pintar memahami isi dan arah pada sebuah peta. Sementara perempuan enggak. Penyababnya, karena jenis mainan yang dimainkan pria dan perempuan di masa kecil berbeda.

Mengutip Daily Mail, pria dapat lebih pintar membaca peta karena di masa kecil mereka bermain lego. Permainan bongkah plastik kecil ini melatih otak anak laki-laki lebih pintar saat beranjak dewasa.

Bermain lego memang memutar otak. Karena pemain harus pintar menyusun bongkahan menjadi suatu bentuk melalui petunjuk. Sementara untuk perempuan, di masa kecilnya mereka bermain boneka. Yang tentu enggak perlu memiliki kemampuan serius dalam memainkannya. Demikian menurut ahli otak Profesor Gina Rippon.

bermain lego dapat melatih kemampuan otak (Foto: Pexels/Markus Spiske temporausch.com)

Meskipun ada perbedaan biologis antara otak pria dan perempuan pengalaman masing-masing gender juga bisa membedakan kemampuan otak. Profesor Rippon mengatakan ‘Masalah membaca peta, yang merupakan semacam manifestasi dari keterampilan spasial.

Baca juga:

Tertelan Zaman, Kebiasaan Melancong Ini Tidak Dilakukan Lagi

Rata-rata pria memang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam keterampilan spasial itu. Terutama yang di masa kecilnya suka bermain lego bahkan video game sekalipun. Permainan tersebut melatih kemampuan otak mereka.

perempuan di negara maju memiliki kemampuan bernavigasi lebih baik (Foto: Pexels/moose photos)

"Jadi sulit untuk mengetahui apakah perbedaan orang dewasa benar-benar merupakan manifestasi dari mungkin perbedaan biologis kecil di awal yang telah diperbesar oleh berbagai pengalaman yang berbeda," ujar Rippon.

Seorang profesor pencitraan neuro kognitif di Aston Brain Center, Universitas Aston, Birmingham. Mengatakan dalam bukunya bertajuk The Gendered Brain bahwa 'stereotip' membaca peta 'perlu diperbarui'.

Profesor Rippon menambahkan, kognisi spasial bergantung dengan kemampuan individu masing-masing. Baik itu perempuan maupun pria.

Sebab, tahun lalu, sebuah studi menemukan bahwa perempuan dari negara-negara maju seperti Inggris, Australia dan AS, lebih pintar dalam melakukan navigasi. Dibandingkan perempuan yang berasal dari negara yang belum maju. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH