Hobi
LEGO Bikin Prototipe Kepingan Balok Ramah Lingkungan LEGO daur ulang botol plastik PET dan mengubahnya jadi balok mainan ramah lingkungan. (Foto LEGO)

KEPINGAN LEGO plastik ikonik akan diubah jadi lebih ramah lingkungan. Untuk mendukung upaya keberlangsungannya, grup perusahan mainan asal Denmark itu sedang membuat prototipe balok yang terbuat sepenuhnya dari plastik daur ulang.

Berdasarkan rilis pers di situs resminya, prototipe ini terbuat dari plastik PET yang berasal dari botol bekas. Rata-rata, satu liter botol PEET dapat menghasilkan material mentah untuk membuat 10 buah balok 2x4. Menjadikannya balok mainan pertama yang terbuat dari material daur ulang yang disesuaikan dengan standar kualitas dan keamanan yang ditetapkan oleh perusahaan.

BACA JUGA:

Everyone is Awesome, Lego Set Pertama Bertema LGBTQ

"Kami sangat senang dengan terobosan ini. Tantangan terbesar dalam perjalanan keberlanjutan kami adalah memikirkan kembali dan menginovasi material baru yang tahan lama, kuat dan berkualitas tinggi seperti bata kami yang sudah ada," terang Vice President of Environmental Responsibility LEGO Group, Tim Brooks. Ia juga berharap bahwa produk inovatif ini tetap bisa sesuai dengan elemen LEGO yang sudah dibuat selama 60 tahun terakhir.

Selama lebih dari tiga tahun terakhir, ilmuwan dan insinyur material bersama dengan tim yang terdiri dari lebih 150 orang telah menguji lebih dari 250 varian material PET dan ratusan formula plastik. Tantangannya, mereka harus membuat kepingan LEGO berkualitas yang kuat dengan bahan daur ulang.

lego
Meski tampilannya mirip dengan LEGO pada umumnya, kepingan ini mendukung gerakan keberlanjutan. (Foto LEGO)

Lantas, bagaimana cara mereka menemukan bahan terbaik? Dengan melakukan tiga tes, yaitu menekannya dengan alat, menjatuhkannya dari ketinggian, serta harus cocok dengan kepingan LEGO yang sudah ada sebelumnya.

Ketika dilihat secara sekilas, balok prototipe ini memang mirip dengan LEGO pada umumnya. Namun, proses pembuatan dan tujuannya tentu lebih ramah lingkungan. Sampai saat ini prototipe itu masih dalam tahap pengecekan keamanan, ketahanan, dan mencari cara untuk mewarnai material baru ini. Walaupun kepingan belum masuk kotak LEGO dalam waktu dekat, setidaknya perusahaan ingin membuktikan komitmennya pada anak-anak bahwa mereka sedang mengerjakan produk yang berkelanjutan.

Balok prototipe daur ulang ini merupakan perkembangan terbaru dari LEGO Group untuk bisa lebih berkelanjutan. Pada tahun 2020, perusahaan mengumumkan akan mulai mengeluarkan plastik sekali pakai dari kemasannya. Akan tetapi, program tersebut sudah dimulai digalakkan sejak tiga tahun lalu ketika mereka memproduksi elemen dari bio-polietilen yang terbuat dari tebu berkelanjutan.

Bahan ini cocok digunakan untuk membuat potongan kecil yang lebih lembut, seperti pohon, cabang, daun, dan aksesori. Tapi belum bisa digunakan untuk membuat elemen keras nan kuat seperti balok LEGO. Oleh sebab itulah, sepertinya mereka mencari dan melakukan pengujian terus-menerus sehingga akhirnya menemukan plastik botol PET ini.

"Kami ingin produk kami memiliki dampak positif pada planet ini, tidak hanya dengan permainan, tetapi juga dengan bahan yang kami gunakan. Perjalanan kami masih panjang, tapi kami senang dengan kemajuan yang kami buat," tutup Brook.(sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jalan Cerita Baru, Animasi ‘Ultraman’ Siap Tayang di Netflix
ShowBiz
Jalan Cerita Baru, Animasi ‘Ultraman’ Siap Tayang di Netflix

Akan meneruskan alur cerita live-action Ultraman dari 1960.

SIVIA Persembahkan Kado Spesial di Hari Valentine
ShowBiz
SIVIA Persembahkan Kado Spesial di Hari Valentine

Pelantun Love Spell tersebut mempersembahkan single terbaru ‘Are You My Valentine?’.

Lawan Hoaks, Kemenkominfo Gencarkan Literasi Digital
Hiburan & Gaya Hidup
Lawan Hoaks, Kemenkominfo Gencarkan Literasi Digital

Program edukasi penanganan hoaks dengan turun langsung ke daerah-daerah.

‘The Science of Fictions’ Ceritakan Pendaratan Astronaut di Yogyakarta
ShowBiz
‘The Science of Fictions’ Ceritakan Pendaratan Astronaut di Yogyakarta

The Science of Fictions cocok obati rindumu untuk nonton di bioskop.

Warganet Ingin Game 'Sonic the Hedgehog' Dibatalkan, Ada yang Salah?
Fun
Warganet Ingin Game 'Sonic the Hedgehog' Dibatalkan, Ada yang Salah?

Ramai-ramai warganet di twitter meminta game terbaru Sonic the Hedgehog dibatalkan,

Game Lokal Hadir di PON Papua 2020
Fun
Game Lokal Hadir di PON Papua 2020

Pada PON Papua 2020 ada sebuah kejutan yang tidak terduga, karena hadirnya game lokal Lokapala pada event empat tahunan tersebut.

Game yang Bisa Dimainkan di Hari Pertama Peluncuran Xbox Series X
Fun
Larang WFH, Apple Terancam Kehilangan Karyawan
Hiburan & Gaya Hidup
Larang WFH, Apple Terancam Kehilangan Karyawan

Setelah perusahaan teknologi raksasa itu mengumumkan sistem kerja hibrida.

Tayang Akhir Tahun, ‘Money Heist’ Musim Kelima Dipecah 2 Bagian
Fun
Potret Karina dan Winter, Anggota Pertama dari Aespa
ShowBiz
Potret Karina dan Winter, Anggota Pertama dari Aespa

Belum diketahui pasti kapan anggota lainnya menyusul.