Legislator PKS Minta Kemenkes Tingkatkan Kewaspadaan Buntut Lonjakan Kasus COVID-19

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 24 Januari 2022
Legislator PKS Minta Kemenkes Tingkatkan Kewaspadaan Buntut Lonjakan Kasus COVID-19
Warga mengikuti vaksinasi COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Matraman, Jakarta, Selasa (16/11/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Merahputih.com - Angka penambahan pasien COVID-19 kembali diatas 2 ribuan kasus.

Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati meminta agar Kemenkes segera meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi maksimal terjadinya lonjakan kasus positif.

“Jangan sampai kasus Juni, Juli tahun 2021 lalu terulang lagi,” jelas Mufida dalam keterangannya, Senin (24/1).

Baca Juga:

Cara Pencegahan Mutasi COVID-19 Versi Peneliti Eijkman

Mufida menuturkan, adanya kasus konfirmasi varian omicron yang meninggal dengan komorbid dan kasus harian di atas 2 ribuan adalah alarm untuk peningkatan level kewaspadaan.

Mufida menyebut, sejak pelonggaran PPKM, terlihat kebijakan yang tidak sinkron antar kementerian. Misalnya soal karantina, pencabutan pembatasan saat Natal Tahun Baru, lalu pencabutan larangan masuk bagi 14 negara asal Omicron justru pada saat kasus Omicron di Indonesia tengah naik.

"Kasus Omicron sudah banyak datang dari luar negeri termasuk satu dari dua yang meninggal juga pelaku perjalanan luar negeri. Kita justru malah membuka pintu bagi semua negara untuk masuk,” papar dia.

Baca Juga:

Pentingnya Vaksin Booster untuk Cegah Dampak Buruk Varian Baru COVID-19

Mufida juga menyarankan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan kasus cukup signifikan seperti DKI Jakarta tidak memaksakan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

Sebab beberapa daerah tidak berani mengurangi kapasitas PTM 100 persen sebab menjadi kebijakan dari pusat. Menurut data, sejak 15 Desember hingga saat ini secara kumulatif tercatat 1.161 kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Indonesia.

Bukan hanya Omicron, varian Delta dan varian lain yang sudah ada di Indonesia juga masih ada di Indonesia.

“Laporan perawatan rumah sakit juga menunjukkan tren meningkat kembali. Pemerintah seharusnya menentukan parameter, saat tercapai indikator apa harus segera ditarik rem darurat,” papar Mufida.

Baca Juga:

Penambahan Kasus COVID-19 Didominasi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Mufida kembali mengajak publik untuk tingkatkan disiplin menegakkan protokol kesehatan. Sebab, ia melihat pemakaian masker dan kebiasaan mencuci tangan sudah mulai kendor terutama di ruang-ruang publik.

“Jadikan kebiasaan baru memakai masker dan selalu mencuci tangan karena itu juga bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Mufida yang juga politkus PKS ini. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid #Kasus COVID-19 #Anggaran COVID #Satgas COVID-19 #Gelombang 3 COVID-19 #Vaksin Covid-19 #Harga Vaksin COVID-19
Bagikan
Bagikan