Legislator Heran Pendapatan Negara Naik Masyarakat Miskin Malah Bertambah

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 17 Januari 2023
Legislator Heran Pendapatan Negara Naik Masyarakat Miskin Malah Bertambah
Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo. Foto: Dok/Man

MerahPutih.com - Pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang menyebut pendapatan negara tumbuh 30,5 persen atau mencapai Rp2.626,4 triliun di tahun 2022, patut dipertanyakan.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sartono Hutomo mengaku heran dengan klaim pemerintah tersebut.

Baca Juga

DPR RI Dorong Polri Berantas Oknum Polisi Tidak Profesional

Pasalnya, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan Indonesia pada September 2022 sebesar 9,57 persen. Angka itu setara dengan jumlah penduduk miskin 26,36 juta orang.

“Pendapatan negara tahun 2022 meningkat 30,5 persen mencapai Rp2.626,4 triliun. Tapi jumlah masyarakat miskin malah meningkat 200.000 orang dalam 6 bulan terakhir,” kata Sartono kepada wartawan, Selasa (17/1).

Sartono menjelaskan, tingkat kemiskinan Indonesia yang naik pada September 2022 sebesar 9,57 persen, menunjukan bahwa kondisi perekonomian RI belum sepenuhnya pulih dari efek krisis dan pandemi.

"Sebelum pandemi, angka kemiskinan berkisar 24,79 juta orang. Saat ini masih terdapat tambahan 1,57 juta orang yang menjadi miskin dalam dua tahun terakhir,” ujarnya.

Baca Juga

DPR Desak Kepolisian Usut Tuntas Bentrokan Berdarah di PT GNI

Kepala Departemen Perekonomian Partai Demorkat ini berharap, pemerintah menggunakan anggaran dengan bijak dan tepat sasaran agar dapat mengangkat derajat hidup masyarakat kelas bawah.

“Terlebih lagi penerimaan negara berada di atas target yang ditetapkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sartono juga meminta, agar pemerintah menjalankan program-program pro rakyat ketimbang program-program mercusuar yang tidak berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat.

“Tahun 2023 diperkirakan akan mengalami badai krisis yang berat. Pemerintah hendaknya mempersiapkan jaring pengaman sosial dengan baik untuk mengantisipasi situasi yang dapat dengan cepat berubah,” pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

DPR Tindak Lanjuti Aspirasi Kades Soal Perpanjangan Masa Jabatan

#DPR RI #Komisi VII DPR #Partai Demokrat
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan