Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Wafat

Luhung SaptoLuhung Sapto - Sabtu, 04 Juni 2016
Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Wafat
Muhammad Ali (Twitter)

MerahPutih Olahraga - Muhammad Ali, 74, petinju yang mendapat julukan 'the Greatest' meninggal dunia di sebuah rumah sakit tempat ia dirawat beberapa hari terakhir di Phoenix, Arizona, Amerika, Jumat (3/6) malam waktu setempat atau Sabtu (4/6) pagi WIB. 

"Setelah 32 tahun berjuang melawan penyakit Parkinson yang dideritanya, Muhammad Ali meninggal dunia dalam usia 74 tahun. Pemegang tiga gelar juara dunia tinju kelas berat tutup usia malam ini," kata juru bicara keluarga, Bob Gunnell kepada NBC News.  

Ali dilarikan ke rumah sakit di Phoenix, Amerika Serikat, Kamis (2/6) malam waktu setempat karena mengalami masalah pernapasan. 

Ali terkenal dengan kakinya yang lincah, gayanya bertarung seolah sedang menari bak kupu-kupu. Pertarungan Ali yang dikenang sepanjang masa adalah saat melawan George Foreman dalam sebuah pertarungan di Kinshasa, Zaire yang dijuluki 'Rumble in the Bronx' dan 'Thrilla in Manila' melawan Joe Frazier. Ali dijuluki 'Si Mulut Besar' karena kerap sesumbar kepada lawannya. Sebenarnya ini strategi Ali untuk menjatuhkan mental lawannya.

Muhammad Ali dilahirkan di Louisville, Kentucky, AS. Pemilik nama asli Cassius Marcellus Clay Jr itu mengganti namanya pada tahun 1964 setelah memeluk agama Islam. Pemerintah AS pernah mencabut seluruh gelar juaranya dan dilarang bertarung selama 3,5 tahun karena Ali menolak ikut wajib militer dan ikut perang Vietnam karena keyakinan yang dianutnya. Kasus ini bergulir sampai ke Mahkamah Agung Amerika Serikat. 

Kepergian Ali disebut sebagai kehilangan besar bagi bangsa Amerika, khususnya warga Afro-Amerika. 

BACA JUGA:

  1. Rider Moto2, Luis Salom Tewas Saat Latihan di GP Spanyol
  2. Lorenzo Menang Dramatis, Rossi Gagal Finis
  3. Masih Ngambek, Rossi Unfollow Twitter Lorenzo dan Marquez
  4. Marc Marquez Beberkan Sikap Buruk Valentino Rossi
  5. Marc Marquez Ikuti Jejak Valentino Rossi

 

 

#Tinju #Meninggal Dunia #Muhammad Ali
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan