Legenda 'Hantu-Hantu' Kopassus Ditakuti Seantero Dunia Pasukan Kopassus sedang unjuk kebolehan beladiri. (imgrum)

Merahputih.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI-AD merupakan legenda. Prajurit Kopassus juga disebut bagaikan 'Hantu' bagi musuh negara.

"Ingatlah kalian adalah legenda. Tanpa perlu mencari nama, kalian sudah terkenal seantero penjuru dunia. Kalian bagaikan hantu-hantu bagi musuh negara," pesan Panglima TNI saat menjadi inspektur upacara Peringatan HUT Ke-67 Kopassus, di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4).

"Tapi ingatlah bahwa kita juga manusia, jangan takabur, jangan lupa untuk selalu berlindung kepada Sang Pencipta dalam setiap langkah menjadi yang terbaik," sambung Panglima.

Panglima menegaskan, tantangan di masa mendatang tidak semakin ringan, apalagi teknologi terus berkembang. Demikian pula dengan taktik dan teknik kemiliteran.

Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Prabowo Subianto saat menghadiri upacara peringatan HUT Ke-67 Kopassus, di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)
Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Purn Prabowo Subianto saat menghadiri upacara peringatan HUT Ke-67 Kopassus, di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Ia meminta prajurit Kopassus terus meningkatkan profesionalisme dan jadi pasukan khusus yang adaptif dan inovatif dalam berbagai tuntutan tugas. "Jadilah Pasukan Khusus yang berkelas dunia," tegas Panglima TNI.

Marsekal Hadi Tjahjanto dihadapan ratusan prajurit Kopassus juga mengingatkan bahwa kekuatan TNI ada pada rakyat, dan TNI-lah yang menjadi pelindung dan pembela rakyat.

Oleh karena itu para prajurit Kopassus diminta tetap rendah hati dan berjiwa besar, dekat dan menyatu dengan rakyat. Tak lupa, Panglima juga mengaku bangga dengan prajurit Kopassus yang merupakan prajurit pilihan.

"Mereka ditempa dengan berbagai latihan, tantangan, dan medan pertempuran. Prajurit Kopassus bersumpah untuk senantiasa mempersembahkan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara," tuturnya.

Kopassus
Dua WNA sandera OPM berhasil diselamatkan pasukan Kopasus pada Operasi Mapenduma, Papua, 1996. (Gatra)

Hadir dalam upacara peringatan itu, sebagaimana dilaporkan antara, mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Hendropriyono, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH