Leg Pertama Final Piala AFF, Indonesia Bakal Habis-habisan Buat Bantai Thailand Starting XI Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. (AFF Suzuki Cup)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand alam leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12) malam. Ini sekaligus akan menjadi pertemuan ke-13 Indonesia dan Thailand di Piala AFF.

Indonesia dan Thailand sudah bertemu 12 kali di Piala AFF. Timnas Indonesia hanya tiga kali merasakan kemenangan, adapun sembilan pertemuan menjadi milik Thailand, termasuk di final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016 (leg kedua).

Baca Juga:

3 Pemain Kunci Thailand yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Bagi Indonesia, ini merupakan final keenam. Dalam lima kesempatan di final, Indonesia selalu gagal merengkuh gelar juara. Sementara bagi Thailand menjadi final kesembilan, di mana gajah perang (war elephants) sudah lima kali menjadi juara.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyadari catatan buruk Timnas Indonesia di final. Pengalamannya menjadi juara sebagai pemain dan pelatih coba ditularkan ke para penggawa Timnas Indonesia, dengan harapan mengubah nasib Timnas Indonesia sebagai spesialis runner-up.

"Jujur saya mau juara. Tapi juara tidak hanya bicara saja. Juara jika kerja keras. Saya berpengalaman dan ini akan diterapkan agar bisa juara," kata Shin Tae-yong.

Shin berharap, Timnas Indonesia bisa tampil maksimal. Tapi, pemulihan kondisi fisik mendapat tantangan karena kurangnya nutrisi disebabkan keterbatasan makanan.

"Karena makanannya dalam kotak, nutrisi kurang untuk pemain. Jadi saya khawatir."

Garuda akan tampil tanpa satu pemain pentingnya, yaitu Pratama Arhan. Arhan harus absen di final pertama karena akumulasi kartu kuning. Posisi Arhan kemungkinan diisi Edo Febriansyah.

Partai Thailand Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia. (ThailandNTOfficial)
Partai Thailand Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia. (ThailandNTOfficial)

Sementara itu, pemain depan Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri menyadari laga akan berlangsung tidak mudah. Thailand punya level di atas Indonesia. Namun begitu, para pemain dipastikannya akan berjuang habis-habisan untuk meraih kemenangan.

"Tidak ada tekanan, pemain justru punya motivasi. Sekarang kami punya kesempatan dan ini kesempatan besar. Pemain punya mental kuat dan ingin juara. Tidak hanya sekadar bicara, tapi kami harus kerja keras untuk itu. Kami siap dan sangat ingin menjadi juara."

Dirinya mengungkapkan keyakinannya bisa memenangkan pertandingan ini. Karena keyakinan itu, penting untuk membuat lebih percaya diri lagi.

"Kami akan bekerja keras sebagai tim, bahkan sampai darah penghabisan untuk membawa trofi ke Indonesia. Thailand memang ada di atas, tapi kami tidak takut. Bola bundar dan semua bisa terjadi di lapangan," tambah Egy Maulana Vikri.

Sadar Dukungan Besar untuk Timnas Indonesia, Egy Janjikan Upaya hingga 'Mati-matian'

Di kubu Thailand, pelatih Alexandre 'Mano' Polking kembali mempertegas ambisi War Elephants menjadi juara. Namun ambisi ini diyakini mendapat tantangan yang cukup sulit.

"Indonesia tampil dengan tim muda, darah muda, dan memberikan segalanya. Mereka berlari sepanjang laga, naik-turun. Dengan kecepatan pemain bisa memberi bahaya dalam serangan balik."

Selain itu, Indonesia ditangani pelatih berpengalaman, tetapi Gajah Perang telah mempersiapkan diri dan melakukan terbaik untuk membawa kembali trofi.

"Saya tahu bagaimana catatan Indonesia dengan baik. Mereka beberapa kali mendekati gelar juara. Tapi tim mana pun yang sampai ke final tentu akan berusaha untuk menang."

Thailand akan tampil tanpa dua pilar pentingnya yaitu Chatchai Budprom dan Theerathon Bunmathan. Chatchai absen karena mengalami cedera serius, yakni robeknya ligamen anterior cruciate (ACL) dalam laga leg kedua semifinal kontra Vietnam. Kiprah Chatchai sudah berakhir di Piala AFF 2020 dan harus menjalani operasi serta pemulihan 6-8 bulan.

Adapun Theerathon Bunmathan tak bisa tampil di leg pertama final Piala AFF 2020 pada Rabu (29/12), karena akumulasi kartu kuning. Eks Yokohama F. Marinos itu baru bisa dimainkan di leg kedua final.

5 Pertemuan Terakhir

03 Jun 2021: Thailand 2-2 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia)

10 Sep 2019: Indonesia 0-3 Thailand (Kualifikasi Piala Dunia)

17 Nov 2018: Thailand 4-2 Indonesia (Piala AFF)

17 Des 2016: Thailand 2-0 Indonesia (Piala AFF)

14 Des 2016: Indonesia 2-1 Thailand (Piala AFF)

5 Laga Terakhir Timnas Indonesia

25 Des 2021: Indonesia 4-2 Singapura (Piala AFF)

22 Des 2021: Singapura 1-1 Indonesia (Piala AFF)

19 Des 2021: Malaysia 1-4 Indonesia (Piala AFF)

15 Des 2021: Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)

12 Des 2021: Laos 1-5 Indonesia (Piala AFF)

9 Des 2021: Indonesia 4-2 Kamboja (Piala AFF)

5 Laga Terakhir Timnas Thailand

26 Des 2021: Thailand 0-0 Vietnam (Piala AFF)

23 Des 2021: Vietnam 0-2 Thailand (Piala AFF)

18 Des 2021: Thailand 2-0 Singapura (Piala AFF)

14 Des 2021: Filipina 1-2 Thailand (Piala AFF)

11 Des 2021: Thailand 4-0 Myanmar (Piala AFF)

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Edo Febriansyah; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya; Egy Maulana Vikri

Thailand: Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Suriya Singmui; Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen; Supachok Sarachart, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda. (Bolaskor.com)

Baca Juga:

Presiden Arema Kasih Bonus untuk Timnas Indonesia, Kalau Juara Ditambah Lagi

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Prediksi PSG Vs Real Madrid: Ujian Berat Lionel Messi Cs
Olahraga
Prediksi PSG Vs Real Madrid: Ujian Berat Lionel Messi Cs

Duel kali ini merupakan ujian bagi PSG yang sangat berambisi meraih gelar Liga Champions. PSG telah mendatangkan pemain-pemain terbaik demi memenangi si kuping besar.

Pelatih Alfredo Ungkap Faktor Kekalahan Telak Persita dari PSIS
Olahraga
Pelatih Alfredo Ungkap Faktor Kekalahan Telak Persita dari PSIS

Pelatih Persita, Angel Alfredo Vera mengungkapkan, faktor kekalahan telak timnya pada laga tersebut

Ketenangan Riau Ega, Arif Dwi dan Bagas Saat Berjuang Raih Emas Panahan
Olahraga
Ketenangan Riau Ega, Arif Dwi dan Bagas Saat Berjuang Raih Emas Panahan

Kemenangan Trio Riau Ega Agata Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Bagas Alvyanto, merupakan medali emas pertama dari cabang panahan pada SEA Games 2021.

Indonesia Tiga Besar SEA Games 2021, Menpora Pastikan DBON Jadi Standar ke Depan
Olahraga
Indonesia Tiga Besar SEA Games 2021, Menpora Pastikan DBON Jadi Standar ke Depan

Kesuksesan Indonesia di SEA Games 2021 dengan menempati tiga besar perolehan medali dinilai tak lepas dari strategi baru pengelolaan olahraga.

Coach Jacksen Tiago Tidak Ingin Remehkan PSS
Olahraga
Coach Jacksen Tiago Tidak Ingin Remehkan PSS

Pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago mengaku pada laga perdana tidak akan mudah. Terlebih, lawan yang dihadapi dilatih sosok Coach Seto Nurdiantoro yang pernah mengalahkan Persis Solo dikandang saat melatih PSIM Yogyakarta.

Terungkap! Ini Alasan Manchester United Pernah Menolak Erling Haaland
Olahraga
Terungkap! Ini Alasan Manchester United Pernah Menolak Erling Haaland

Ternyata, Erling Haaland pernah ditolak oleh Manchester United saat masih membela RB Salzburg.

Tiga Pemain Dewa United FC Terima Penghargaan dari APPI
Olahraga
Tiga Pemain Dewa United FC Terima Penghargaan dari APPI

Penampilan ciamik Dewa United di penyisihan Grup B Liga 2 2021/2022 membuahkan penghargaan bagi tiga pemainnya. Yakni, Slamet Budiono, Herman Dzumafo, dan Rangga Muslim. Penghargaan tersebut datang dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

SEA Games 2021: Abd Hafiz dan Maria Londa Tambah Koleksi Medali Indonesia
Olahraga
SEA Games 2021: Abd Hafiz dan Maria Londa Tambah Koleksi Medali Indonesia

Indonesia mendapat medali perak dari cabang olahraga atletik. Medali diperoleh Abd Hafiz dari nomor Men's Javelin Throw atau lempar lembing di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (14/5).

Hasil Undian 16 Besar Europa League: Barcelona Tantang Galatasaray
Olahraga
Hasil Undian 16 Besar Europa League: Barcelona Tantang Galatasaray

Barcelona yang sukses menumbangkan Napoli di babak 32 besar akan menantang jawara Turki, Galatasaray.

Menanti Drama MotoGP di Tikungan 1 Sirkuit Mandalika dari Kelas Deluxe
Olahraga
Menanti Drama MotoGP di Tikungan 1 Sirkuit Mandalika dari Kelas Deluxe

Biasanya di tikungan 1 kerap terjadi drama atau kejadia karena tikungan ini adalah tikungan paling krusial setelah rombongan pembalap menjalani start