Lebihi Daya Tampung, Hari Ketiga PPDB DKI 2021 Capai 238 Ribu Pendaftar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 09 Juni 2021
Lebihi Daya Tampung, Hari Ketiga PPDB DKI 2021 Capai 238 Ribu Pendaftar
Sejumlah orang tua dan wali calon peserta didik baru mendatangi posko terkait kendala PPDB 2021 di SMA 70 Jakarta, Selasa (8/6/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta menyampaikan, proses pendaftaran hari ketiga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2021 sudah mencapai ratusan ribu akun.

Data yang masuk ke website PPDB Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta pada Rabu (9/6), per pukul 09.00 WIB, telah mencapai 238.554 orang pendaftar.

"Total untuk SD yang daftar undah 53.686 orang, untuk SMP itu sebanyak 85.961 pendaftar, SMA/SMK 98 (ribu sekian) pendaftar ya," ujar Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau pendaftaran PPDB ajaran 2021 di SMK Negeri 27, Rabu (9/6).

Baca Juga:

Telkom Dinilai Gagal Lakukan Mitigasi Teknis PPDB Jakarta

Riza pun mengakui, akun yang sudah mendaftar itu melebihi daya tampung yang ada dari keseluruhan jumlah kuota siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK negeri.

"Sementara daya tampung untuk jenjang negeri untuk semua jenjang sekolah negeri itu hanya 212.212," papar politikus senior Gerindra ini.

Hal itu, menurut Riza, menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat yang menginginkan masuk sekolah negeri.

"Sekali lagi kami tidak menerapkan sekolah unggulan di Jakarta, kita berusaha semua sekolah menjadi sekolah yang baik sekolah unggulan," jelas dia.

Tangkapan layar tampilan depan situs web PPDB DKI. (Foto: MP/https://ppdb.jakarta.go.id/#/)
Tangkapan layar tampilan depan situs web PPDB DKI. (Foto: MP/https://ppdb.jakarta.go.id/#/)

"Gak ada lagi ke depan sekolah A, B, C saja yang menjadi sekolah unggulan," tutur Riza melanjutkan.

Justru dengan pola PPDB DKI 2 tahun belakangan ini, semua sekolah di ibu kota menjadi sekolah unggulan.

Di samping itu, Riza mengklaim, sejauh in tidak ada kendala lagi dalam proses pendaftaran PPDB DKI ajaran 2021, seperti yang terjadi pada hari pertama pendaftaran.

Baca Juga:

Pemprov DKI Sebut Pendaftar PPDB Lebihi Daya Tampung

Hal tersebut dapat dilihat dari posko PPDB DKI di SMK 27. Di mana orang yang datang mengeluh PPDKI sudah mulai berkurang. Artinya pelayanan PPDB secara online berjalan sudah sangat baik.

"Ukurannya sederhana karena yang datang berkunjung sangat sedikit. Seperti di SMKN 27 ini kemarin hanya 28 orang. Selebihnya secara online," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Orang Tua Sulit Daftar PPDB, Anies Persilakan Datang ke Disdik

#Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) #Ahmad Riza Patria
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan