Lebaran, Sajikan Kue Nastar Buatan Anda Kue Nastar (Foto: Instagram/Dj_ernayu)

Kue kering selalu menjadi primadona di Hari Raya Lebaran. Dan salah satu kue kering yang tak pernah absen adalah Kue Nastar. Kue kering berisi selai nanas ini menjadi kue paling favorit untuk disajikan saat Lebaran tiba. Saking spesialnya, semua tuan rumah seakan berlomba-lomba menghadirkan kue nastar terlezat bagi tamu-tamu yang datang bersilaturahmi.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri, Anda dapat mengikuti resep dan cara membuat kue kering spesial tersebut berikut ini.

Bahan kue:

- 150 gr mentega
- 100 gr margarin
- 90 gr gula halus
- 1 sdt vanili ekstrak
- 3 butir kuning telur
- 350 gr tepung terigu protein rendah
- 50 gr susu bubuk

Bahan selai nanas:

- 1 buah nanas
- 2 batang kayu manis
- 3 butir cengkih
- 200 gr gula pasir

Bahan olesan kue:

- kuning telur 2 butir
- madu 1/2 sdt
- air 1 sdt
- minyak goreng 1 sdt

Cara membuat selai nanas:

1. Kupas kulit nanas, singkirkan mata dan bagian inti/tengah nanas. Potong menjadi empat bagian lalu diparut. Atau, bisa juga Anda potong menjadi bagian-bagian kecil lalu diblender.

2. Masak nanas yang sudah dihaluskan, kayu manis, dan cengkih hingga airnya menyusut dan adonan menjadi agak lengket.

3. Masukkan gula pasir, aduk hingga air habis dan adonan menjadi selai serta bisa dibentuk.

4. Setelah itu dinginkan selai nanas. Jika selai dirasa terlalu lengket, Anda bisa masukkan selai ke dalam kulkas terlebih dahulu hingga selai agak keras.

Cara membuat kue nastar:

1. Dengan menggunakan mixer, kocok mentega, margarin, gula halus, dan vanili sebentar saja hanya agar adonan lembek dan tercampur rata. Masukkan kuning telur satu per satu, aduk rata. Matikan mixer.

2. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu atau spatula hingga semua bahan tercampur rata. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan adonan di dalam kulkas kurang kurang lebih selama 1 jam.

3. Keluarkan adonan, bagi menjadi beberapa bagian. Gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan, kemudian cetak menggunakan gelas. Kembalikan adonan yang tersisa ke dalam kulkas. Isi adonan dengan selai yang sudah dibuat tadi, lalu bulatkan.

4. Tata kue di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas roti (beri jarak antarkue, jangan terlalu berdekatan). Panggang di dalam oven yang telah dipanaskan kurang lebih selama 20 menit atau 3/4 matang. Atur oven di suhu 150°C saja (tidak boleh terlalu tinggi).

5. Campur semua bahan olesan kue, aduk hingga merata. Keluarkan kue dari oven, lalu olesi dengan bahan pengoles ke seluruh permukaan hingga rata. Panggang kembali sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan, kurang lebih selama 15 menit.

6. Biarkan kue mendingin, kemudian pindahkan ke wadah lain hingga dingin sempurna. Masukkan ke dalam stoples kedap udara. Kue Nastar enak dan lembut siap disajikan mempersiapkan Hari Lebaran nanti. Selamat mencoba.

Lihat resep camilan lainnya yang bisa menjadi sajian Anda saat Lebaran nanti di sini: Temani Camilan Manis Lebaran Dengan Keripik Bawang Gurih Ini.


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH