Lebaran, Penumpang KRL Solo-Jogja Naik 130 Persen

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 29 April 2023
Lebaran, Penumpang KRL Solo-Jogja Naik 130 Persen
Penumpang memadati KRL Solo-Jogja selama Lebaran 1444 H. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - KAI Commuter mencatat volume pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Yogya-Solo/Palur selama masa angkutan libur Lebaran naik 130 persen.

"Selama angkutan Lebaran kami mencatat jumlah pengguna KRL untuk Yogya-Solo/Palur maupun sebaliknya sebanyak 30.000 orang per hari," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba di Stasiun Solo Balapan, Jumat (28/4).

Baca Juga

Stasiun KRL Dekat Destinasi Wisata dan Pusat Perbelanjaan Dipadati Penumpang

Dikatakannya, jumlah pengguna KRL untuk hari biasa Senin sampai Jumat mencapai 13.000 hingga 15.000 orang. Namun, untuk akhir pekan terjadi kenaikan pengguna menjadi 16.000 orang.

"Pada hari ketiga Lebaran dan keempat Lebaran kemarin itu lebih dari 30.000 orang hingga hampir 32.000 orang," ucap dia.

Menurut dia, kenaikan jumlah pengguna KRL yang cukup signifkan karena disebabkan adanya penumpang musiman yang memanfaatkan waktu libur Idul Fitri untuk bersilaturahmi atau berwisata ke Kota Solo-Yogya ataupun sebaliknya.

Baca Juga

KCI Prediksi 800 Ribu Penumpang Naik KRL Besok

Hingga hari lonjakan jumlah pengguna KRL dibandingkan hari biasa msih terlihat lantaran anak-anak sekolah masih libur.

"Karakteristik penumpang yang kami layani itu penumpang rutin, penumpang yang baru pertama kali naik commuterline di Yogya-Solo, juga penumpang musiman yang memanfaatkan waktu libur Lebaran untuk bepergian sekitaran Yogya dan Solo," papar dia

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, lanjut dia, Anne, KAI Commuter telah menambah jadwal dibandingkan hari biasa. Selama masa angkutan Lebaran jumlah jadwal KRL menjadi 30 perjalanan dari sebelumnya yang hanya sebanyak 24 perjalanan reguler.

"Kami juga menambah jam operasional dari sebelumnya jam 20.00 WIB, sekarang sampai jam 24.00 WIB untuk commuterline Yogya-Solo. Berlaku hingga tanggal 1 Mei," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Penumpang KRL Makin Padat, PT KCI Optimalkan 31 Perjalanan Pengumpan

#KRL Solo-Yogya #Kereta Rel Listrik (KRL)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan