Lebaran, Objek wisata di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Tutup Sehari Pemandangan ke arah Merapi. (Foto: MP/Teresa Ika)

OBYEK wisata di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) DIY-Jateng ditutup satu hari saat momen Lebaran pada pada 5 Juni 2019. Pengelola TNG Merapi memberi kesempatan kepada pegawai untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

"Sehubungan dengan libur Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019, maka objek wisata dalam kawasan TNGM akan ditutup selama satu hari, pada tanggal 5 Juni 2019," kata Kepala Balai TNGM, Pujiati dalam keterangannya, di Yogyakarta Sabtu 1 Juni 2019.

Obyek wisata yang tidak beroperasi diantaranya Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang Pakem, Panguk dan Plunyon, Kalikuning Cangkringan, Deles, Kemalang Klaten dan Jurang Jero, Srumbung Magelang.

merapi
Taman Nasional Gunung Merapi yang ditutup saat Lebaran 2019. (Foto: MP/Teresa Ika)

Ia menegaskan penutupan bukan karena kondisi Merapi yang masih sering "batuk-batuk". Namun karena ingin memberi kesempatan pada pegawai merayakan moment Idul Fitri dengan khusyuk.

"Pengalaman tahun sebelumnya waktu Lebaran disini sepi. Jadi tahun ini kita liburkan saja," katanya.

Kasubbag TU Balai TNGM, Akhmadi mengatakan obyek wisata di TNG Merapi alan dibuka kembali pada 6 Juni 2019.

Pihaknya menambah jumlah personil jaga selama Lebaran. Personil bertugas membantu menyampaikan informasi kepada wisatawan dan memantau kondisi alam terkini di kawasan TNGM.

Petugas turut bersiaga mengantisipasi kecelakaan wisatawam dan potensi bencana alam selama Lebaran. (*)

Tulisan dari Teresa Ika, koresponden merahputih.com untuk wilayah DI. Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH