Lebaran di Tengah Pandemi COVID-19, Rudy dan Purnomo Layani Open House Lewat Video Call Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, dan Sekretaris Daerah (Sekda), Ahyani melayani open house daring Lebaran, Minggu (24/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada Idul Fitri 1441 meniadakan open house untuk memutus rantai penularan virus corona atau COVID-19.

Sebagai gantinya Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, dan Sekretaris Daerah (Sekda), Ahyani melayani open house Idul Fitri 1441 Hijriah melalui sambungan telepon dan video call di rumah dinas Purnomo, Minggu (24/5).

Baca Juga:

PDIP Berharap Idulfitri Jadi Momentum Perkuat Solidaritas Hadapi COVID-19

Open house dan halal bihalal secara virtual ini menjadi trend baru di tingkat pemerintahan serta warga di tengah pandemi virus COVID-19.

Open house virtual ala Pemkot Solo
Pemkot Solo menggelar open house virtual yakni melalui video call dengan para ASN dan masyarakat (MP/Ismail)

"Layanan open house daring kami mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 melalui nomor 0811295879," ujar Purnomo.

Purnomo mengatakan open house daring dilakukan usai salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Ia merasakan antusias masyarakat mengikuti open house daring samgat luar biasa. Ratusan orang bergantian open house daring dan 1.500 kiriman ucapan Lebaran via whatsapp.

"Sekali melakulan open house daring bisa menyapa saya, Pak Wali Kota Solo dan Pak Sekda Solo," tutur dia.

Purnomo mengatakan tidak hanya masyarakat umum saja yang melakukan open house daring, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga menyapan via video call. Dengan open house daring ini diharapkan rantai persebaran virus penyebab COVID-19 di Solo dapat ditekan.

"Banyak cara untuk bisa tetap menyambung tali silaturahim di saat Lebaran. Tetap jaga jarak, jaga kesehatan, dan cuci tangan. Kami ucapkan selamat Lebaran bagi masyarakat Solo," kata dia.

Baca Juga:

Rapid Test Massal di Pasar Tradisional Solo, 2 Pedagang Pasar Burung Reaktif

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo, Gareng S Haryanto, mengaku baru saja open house daring bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Setiap Lebaran usai Salat Idul Fitri selalu mengikuti open house di rumah dinas Purnomo.

"Ya baru sekali ini Lebaran open house daring. Bagi saya tidak masalah demi mumutus rantai penularan COVID-19 di Solo," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Rayakan Idulfitri di Tengah Pandemi Corona, Menag Yakin Umat Makin Sabar dan Bertakwa



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH