Headline

Lebaran Betawi Kembali Digelar Pemprov DKI di Monas

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 18 Juli 2019
 Lebaran Betawi Kembali Digelar Pemprov DKI di Monas
Pemprov DKI bersama Bamus Betawi kembali menggelar Lebaran Betawi yang ke-12 di Monas (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Pemprov DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Lebaran Betawi ke-12 hasil bekerja sama dengan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi. Lebaran Betawi merupakan acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antar warga Jakarta yang kental dengan nuansa Betawi setelah Lebaran Idul Fitri.

Gelaran Lebaran Betawi 2019 kali ini mengusung tema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari, mulai 19-21 Juli 2019 di Lapangan Silang Monas Barat Daya.

Baca Juga: Transjakarta Buka Rute Menuju Lokasi Lebaran Betawi

Menurut Wakil Ketua Umum I Bamus Betawi yang bertindak sebagai Ketua Panitia Lebaran Betawi Ke-12, M. Rifqi, pemilihan Monas sebagai lokasi karena dianggap bukan saja sebagai simbol kota Jakarta, namun simbol Nasional.

"Lebaran Betawi merupakan spirit ajang silaturahmi dari pemerintah dengan warganya, dengan masyarakat Betawi sebagai perekatnya. Maka melalui momentum ini kami ingin mengajak warga Jakarta agar dapat kembali bersatu dan berjabat tangan," kata Rifqi di Jakarta, Kamis (18/7).

Anak-anak tampak ceria berfoto dengan Ondel-Ondel
Anak-anak tampak ceria berfoto bersama Ondel-Ondel (Foto: antaranews)

Lebaran Betawi ke-12 ini dimeriahkan oleh beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi. Hari pertama akan diisi dengan pembacaan doa hingga Shohibul Hikayat yang dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB.

Kemudian hari kedua, dimulai dari pukul 08.00 WIB dimeriahkan sejumlah pertunjukan khas Betawi, seperti Tanjidor, Gambus, Marawis, Palang Pintu, Tarian Betawi, Atraksi Silat Betawi, Gambang Kromong, hingga Lenong. Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, dijadwalkan hadir pada gelaran hari kedua ini.

Sementara itu, kata dia, Gubernur Anies bakal hadir pada hari ketiga penyelenggaraan untuk mengikuti Prosesi Hantaran yang merupakan tradisi mengantarkan makanan dan minuman kepada yang dituakan. Dalam hal ini, Prosesi Hantaran dilakukan oleh para Walikota dan Bupati kepada Gubernur.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Hadiri Lebaran Betawi di Jagakarsa

Selain itu, Anies juga akan memberikan penghargaan kepada 2 ulama Betawi, 2 seniman Betawi, dan 2 guru Silat Betawi. Gelaran hari ketiga ini turut dimeriahkan dengan acara puncak yaitu Sorendo-rendo Karnaval Budaya Nusantara oleh perwakilan dari 5 Wilayah Kota Administrasi dan 1 Kabupaten Kota Administrasi.

"Sorendo-rendo merupakan parade defile dengan peserta berjumlah 2000 orang yang memakai baju adat khas nusantara dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota DKI, berputar di Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas atau Pintu Patung Thamrin," tuturnya.

Di hari terakhir, kata dia, Lebaran Betawi masih akan dimeriahkan dengan Tarian Garapan, Silat Kolosal, Samrah Betawi, Qosidah, dan Band Betawi.(Asp)

Baca Juga: Kuliner Khas Betawi yang Diburu Pengunjung Setu Babakan

#Lebaran Betawi #Budaya Betawi #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan