Lebaran 2019, Penumpang Bandara Adisutjipto Diperkirakan Turun 19 Persen Para penumpang di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta (MP/Tereka Ika)

MerahPutih.Com - Melonjaknya harga tiket pesawat ternyata berdampak pada volume penumpang di sejumlah bandara di Tanah Air. Padahal, lazimnya pada musim liburan Lebaran beberapa bandara selalu penuh dengan penumpang pesawat entah itu keberangkatan atau kedatangan.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta salah satu bandara yang pada musim liburan Lebaran 2019 mengalami penurunan jumlah penumpang. Menurut pengelola jumlah penumpang tahun ini diprediksi turun sebesar 19,7 persen dibandingkan 2018.

General Manager PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan jumlah penumpang tahun ini diprediksi mencapai 22.987 penumpang per harinya.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta
Bandara Adisutjipto Yogyakarta (MP/Teresa Vicka)

"Turun 19,7 persen dibandingkan tahun lalu. Kalau 2018 tercatat ada 28 ribu penumpang perhari ," kata Pandu di Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/5).

Hal ini terjadi lantaran kenaikan harga tiket pesawat, dan pemberlakuan bagasi berbayar. Terkoneksinya jalan tol di seluruh wilayah turut membuat pemudik memiliki banyak pilihan moda transportasi.

Pandu melanjutkan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-5 Lebaran atau satu Juni 2019. Sementara puncak arus balik pada h+5 atau tanggal 11 Juni 2019.

Demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pemudik, PT Angkasa pura 1 telah membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 (1440 H).

BACA JUGA: Tiket Pesawat Mahal Bikin Kunjungan Wisata di Sleman Merosot

Pemerintah Pusat Tetapkan Papua dan Papua Barat Jadi Fokus Pembangunan 2020-2024

Posko akan mulai beroperational mulai tanggal 29 Mei sampai 13 Juni 2019 di area Lobby Terminal A dan area Parkir Terminal B.

Angkasa pura 1 bekerjasama dengan TNI AU menerjunkan 105 personil untuk mengamankan masa mudik Lebaran 2019.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH