Jakarta Fashion Week 2024

League Bawa Konsep Sustainability dan Diversity di JFW 2024

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 30 Oktober 2023
League Bawa Konsep Sustainability dan Diversity di JFW 2024
League mengusung konsep sustainability untuk koleksinya di JFW 2024.(foto: Dok JakartaFashionWeek)

TARI tradisional Jakarta dengan alunan lagu Ondel-ondel membuka pergelaran busana bertajuk Action in Active & Rhythm di Jakarta Fashion Week (JFW) 2023. Namun, bukan busana kaya akan wastra yang ditampilkan, melainkan pakaian olahraga dari jenama lokal League.


Lewat warna-warna nan eksentrik, jenama ini membawa 16 koleksi eksklusif pakaian olahraga untuk laki-laki dan perempuan. Head of Product Development of League Ginanjar Perdana mengungkapkan koleksi kali ini mereka buat konsep secara khusus untuk JFW 2024.

BACA JUGA:

4 Fakta Menarik Jakarta Fashion Week 2024


Tema yang diangkat untuk koleksi dari League ialah sustainability dan diversity. “Kita tahu isu yang paling berkembang di dunia fesyen yakni tentang masalah material. Jadi kami angkat material yang lebih sustain, kami gunakan recycle,” ucap Ginanjar saat ditemui dalam jumpa pers di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, Sabtu (28/10).

jakarta fashion week 2023
Konsep abstrak dari koleksi League menjadi bagian dari sebuah identitas keberagaman.(foto: dok JakartaFashionWeek)


Menurut Ginanjar, ada sebuah kesempatan bagi semua jenama untuk menggunakan material recycle. Selain itu, ia juga menunjukan bahwa sport ada untuk semua. Dari sanala konsep diversity berasal. “Semua keberagaman orang bisa jadi bagian dari League, dari sport. Maka kita coba mengangkat beberapa kategori yang sebelumnya tidak ada. Kemudian, untuk Jakarta Fashion Week kali ini coba kita persembahkan itu,” ucapnya.


Dalam koleksinya kali ini, League berkolaborasi dengan beberapa seniman. Kolaborasi ini terlihat melalui beberapa ornamen dan artwork abstrak yang menjadi bagian dari identitas dari sebuah keberagaman. Ginanjar mengungkapkan dari koleksinya ini mengangkat konsep abstrak kesan dari keberagaman.

BACA JUGA:

Buttonscarves Beauty Gandeng 4 Desainer di Jakarta Fashion Week 2024


Pada proses pengerjaanya, Ginanjar menyebutkan musuh terbesar untuk koleksi dari League ini adalah sindrom 99 persen. Hal itu disebabkan ego yang dimiliki, terutama antara desainer dan produksi. “Sebenarnya masih banyak masih bisa kami olah, tapi harus bisa mengesampingkan sisi egois 99 persen itu, biar saat rilis kami yakin saat ini yang terbaik,” kata Ginanjar.

league
League menggunakan material recycle untuk koleksinya di JFW 2024.(foto: Dok JakartaFashionWeek


Koleksi terbatas spesial JFW dari League menampilkan sejumlah item, seperti satu set pakaian olahraga, termasuk dengan sepatu dengan warna-warna yang eksentrik dan pakaian olahraga yang ramah bagi muslimah. Warna yang hadir di antaranya ungu, merah muda, kuning, biru terang, dan putih yang menjadi warna dasar dari koleksi sustainability dan diversity.(dsh)

BACA JUGA:

Jakarta Fashion Week 2024 Resmi Dibuka, Siap Ciptakan Tren Baru Fesyen

#Jakarta Fashion Week #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Disya Shaliha

Average internet voyager, surrendering to the whims of my feline rulers.
Bagikan