Layangkan PK di MA, Kuasa Hukum Rizieq: Ini Akal-Akalan Ahok! Pengacara Habib Rizieq Shihab, Eggi Sudjana saat merespon pengajuan Peninjauan Kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke Mahkamah Agung (MA) (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pengacara Habib Rizieq Shihab, Eggi Sudjana menilai pengajuan Peninjauan Kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke Mahkamah Agung (MA) sebagai akal-akalan untuk mengurangi masa tahanan.

"Ini adalah bagian dari akal-akalan Ahok sebagai upaya untuk mengurangi hukuman," kata Eggi di kantornya di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

Sebab, jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajukan banding atau kasasi kemungkinan bisa diperberat di pengadilan.

"Sedangkan bila terpidana mengajukan PK, maka mustahil hukuman yang diperolehnya di pengadiian tingkat pertama diperberat oleh majelis hakim PK," jelasnya.

Secara fakta hukum Ahok menerima keputusan Pengadialn Negeri Jakarta Utara dengan putusan 2 tahun penjara, dan tidak melakukan upaya banding maupun kasasi, maka secara formil urutan peradilan umum di Indonesia yang diatur oleh KUHAP, mestilah sistematis jika tidak menerima putusan PN, maka lakukanlah upaya Banding di Pengadilan Tinggi,

"Jika belum menerima putusan banding maka lakukan upaya kasasi di MA, menjadi tidak logis dalam sistematika pidana umum di Indonesia. Karena dengan Ahok menerima putusan PN Jakut tersebut ini membuktikan bahwa secara formil sekaligus materil, gugur hak hukum dari Ahok untuk melakukan upaya PK," tuturnya.

Lebih lanjut, disisi lain menurut Eggi, Ahok telah menerima hukuman dua tahun dari Pengadilan Jakarta Utara maka dan Ahok telah mengakui tidak ada kekhilafan Hakim, dan tidak ada penerapan hukum terhadap kasusnya yang tidak sesuai dengan apa yang di terapkan.

Dengan demikian, logika hukum MA seharusnya menolak permohonan PK Ahok, bukan malah menerima dan mendaftarkan tanggal 26 Februari 2018 untuk sidang perdananya.

"Oleh karenanya wajib dipertanyakan pemahaman Hakim Agung," pungkas Eggi. (Asp)

Kredit : asropih


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH