Headline

Layanan Seluler di Jayapura Terputus Akibat Ulah Orang Tak Dikenal

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 30 Agustus 2019
Layanan Seluler di Jayapura Terputus Akibat Ulah Orang Tak Dikenal
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (ke-2 dari kiri). Foto: Biro Humas Kominfo

MerahPutih.Com - Layanan seluler di Jayapura dan sekitarnya pada Kamis (29/8) terputus. Kondisi tersebut menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara disebabkan ulah orang tak dikenal yang sengaja memotong kael utama jaringan optik telekomunikasi.

"Yang terjadi di Jayapura, karena ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura," kata Rudiantara dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

Baca Juga:

Fadli Zon: Pemblokiran Internet di Papua Sama Saja dengan Pembredelan Era Orde Baru

Lebih lanjut Rudiantara menegaskan bahwa gangguan telekomunikasi yang terjadi di Jayapura dan sekitarnya, bukanlah karena kebijakan pemerintah. Sebab kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan layanan data.

Menkominfo Rudiantara mengungkapkan putusnya layanan seluler di Jayapura
Menkominfo Rudiantara melakukan pemblokiran terhadap jaringan internet di Papua (Foto: antaranews)

"Kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data (tidak ada kebijakan black out) sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan," ujar Rudiantara.

Saat ini, kata Rudiantara seperti dilansir Antara, pihak Telkomsel sedang berusaha memulihkan jaringan telekomunikasi di kawasan tersebut dengan berbagai cara baik perbaikan atau pengalihan lalu lintas (traffic) komunikasi.

Baca Juga:

Jaringan Internet di Papua Masih Diblokir, Ombudsman Panggil Menkominfo Rudiantara

"Telkomsel saat ini sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali," kata dia.

Rudiantara juga menyatakan pihak pemerintah telah berkoordinasi dengan POLRI serta TNI untuk membantu pengamanan perbaikan terutama di ruang terbuka.(*)

Baca Juga:

Menkominfo: Akses Internet di Papua Diblokir Demi Keamanan Nasional

#Jaringan Selular #Menkominfo #Rudiantara #Telkomsel
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan