Kesehatan

Layanan Medis dari Rumah, Solusi Cerdas di Masa Pandemi

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 01 November 2021
Layanan Medis dari Rumah, Solusi Cerdas di Masa Pandemi
Layanan Medis di Rumah solusi cerdas di masa pandemi (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

TAK dimungkiri bahwa konsep layanan medis dari rumah sendiri, merupakan solusi dari perubahan cara hidup akibat disrupsi teknologi dan pandemi.

Teknologi yang memunculkan telemedicine kian terakselerasi oleh hantaman pandemi yang membatasi mobiltias masyarakat, termasuk dalam hal mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan, seperti halnya Rumah Sakit.

Baca Juga:

Kemenkes Akan Hadirkan Aplikasi Rekam Medis, Apa Itu?

Dengan adanya teknologi online, masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan rumah sakit di rumah. Teknologi online dapat menggabungkan kunjungan tenaga medis, perawatan secara vitual, pemantauan jarak jauh, seperti halnya konsultasi online tatap muka lewat video call. Pasien pun dipastikan bisa mendapat perawatan di rumah dengan layananan yang menyeluruh.

Pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan (Foto: pixabay/mcmurryjulie)

Pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Hal tersebut terlihat pada global consumer survey pada 2.700 responden, yang dilakukan Accenture pada Mei 2020.

Pada survei tersebut, didapati 70 persen pasien menunda atau membatalkan pengobatan di rumah sakit, dan mengadopsi laynaan kesehatan virtual.

Baca Juga:

Google Ajak Masyarakat Mengenal Fitur untuk "Kesehatan Digital"

Tak hanya itu, pasien pun memiliki pengalaman positif terhadap layanan kesehatan secara virtual, dalam bentuk video call atau pemantauan jarak jauh, serta berniat melanjutkannya setelah pandemi berakhir.

Sebagai salah satu aplikasi kesehatan ternama di Indonesia, Aido Health kian serius mewujudkan layanan rumah sakit di rumah. Hal tersebut dibuat untuk memudahkan para pengguna dalam mengakses sejumlah layanan, yang sudah terintegrasi dalam aplikasi.

Aido Health kian serius mewujudkan layanan rumah sakit di rumah (foto: istimewa)

Selain itu, sistem pembayarannya pun kian beragam. Mulai dari e-wallet seperti OVO, DANA, ShopeePay, GoPay, transfer bank, virtual account, asuransi, hingga kartu kredit.

Sebagai sebuah 'Jembatan' antara rumah sakit dan masyarakt, Aido Health pun terus memperluas mitra rumah sakit, klinik, laboratorium dan farmasi yang berada di dalam rumah sakit mitra.

Saat ini, Aido Health telah bekerjasama dengan lebih dari 50 fasilitas kesehatan di 50 kota. Menariknya, Aido Health pun sudah bermitra dengan jaringan Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia.

Sedikit Aido Health merupakan aplikasi kesehatan yang menyediakan layanan telekonsultasi dan perawatan dari rumah. Aido telah bekerjasama dengan rumah sakit favorit serta akses lebih dari 3.000 tenaga kesehatan dan 1.000 dokter spesialis. (Ryn)

Baca Juga:

Stigma Negatif dan Mitos Jadi Penghambat Penanganan Kesehatan Mental

#Kesehatan #Aplikasi #Layanan Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan