Teknologi
Layanan Kesehatan Virtual, Siapkah Kamu Hadapi Normal Baru? Aplikasi digital ini adalah cara terbaik untuk membantu menjaga catatan kesehatanmu tetap berkelanjutan. (Foto: 123RF/Aleksei Gorodenkov)

DOKTER virtual bukan hal baru, tetapi penggunaannya telah meningkat secara signifikan dan mungkin menjadi norma baru akibat pandemi. Apakah ada manfaat yang akan menjadi awal dari era perawatan kesehatan digital baru?

"Saya tidak pernah berpikir bahwa saya dapat beralih dari melihat atau mengoperasi pasien secara langsung enam hari seminggu, menjadi lebih banyak melihat mereka di komputer saya," ujar Franchell Hamilton, M.D., dokter bedah yang juga mendalami bidang kimia dan psikologi dalam artikelnya di psychologytoday.com (17/5).

Baca juga:

4 Aplikasi Kesehatan Ini Bisa Membantumu Mencegah dan Menangani COVID-19

"Seperti kita semua, saya harus menyesuaikan diri. Pandemi membantu saya menyadari bahwa itu bisa dilakukan. Saya sekarang hanya memiliki klinik tatap muka dua hari sebulan dan perawat tersedia untuk kunjungan tatap muka seminggu sekali. Juga, saya mengoperasi hanya sekali seminggu," dia menambahkan.

Ia mengatakan itu terjadi karena kini segala sesuatu telah dilakukan secara virtual. "Saya dapat melihat pasien secara langsung untuk kunjungan awal, untuk prosedur kantor, atau bagi mereka yang merindukan saya secara langsung, tetapi sebagian besar praktik saya sekarang bersifat virtual," ujarnya.

Menurutnya, perubahan ini lebih disukai pasien karena nyaman bagi mereka. Perubahan yang kuat ini telah menurunkan biaya overhead secara signifikan, tanpa mempengaruhi kualitas perawatan. Dokter sekarang dapat melihat pasien di malam hari atau pagi hari. Lebih penting lagi, dokter juga dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasien karena kemudahan penjadwalan untuk kedua belah pihak.

Pilihan platform digital

Penggunaan layanan dokter virtual telah meningkat secara signifikan selama pandemi. (Foto: 123RF/Artem Tryhub)

Orang-orang sekarang sedang dibombardir oleh banyak pilihan pengobatan jarak jauh. Lalu, bagaimana kamu memutuskan mana yang akan dipilih? Sekarang ada banyak platform obrolan video yang tersedia untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan kesehatan. Banyak dari platform ini, seperti Doximity dan VSee yang dipilih. Penyedia layanan kesehatan bahkan dapat menggunakan catatan kesehatan elektronik mereka saat ini sebagai bentuk telekonferensi. Selama platformnya aman dan privat, pasien harus merasa nyaman mendiskusikan kebutuhan perawatan kesehatan mereka.

Berikutnya, ada aplikasi digital. Ini juga bukan yang baru dan sekarang berlimpah, tetapi sekarang tersedia untuk berbagai kegunaan. Ada aplikasi telemedicine yang membantu kamu menemukan dokter atau terapis perawatan primer dan menjadwalkan kunjungan, seperti PlushCare dan LiveHealth online. Platform lain, seperti UBERDOC, membantu kamu menemukan semua jenis spesialis. Sebagian besar memiliki pilihan untuk menggunakan asuransi atau uang tunai, dan dalam beberapa kasus, dapat dilihat pada hari yang sama.

Baca juga:

Cerdas Menghadapi Virus Corona dengan Aplikasi Kesehatan

Pengenalan platform digital ini telah membantu orang untuk segera diperiksa dalam beberapa jenis masalah kesehatan, termasuk terapi fisik dan kesehatan mental. Ini adalah tambahan yang disambut baik karena memungkinkan orang mengakses penyedia pada waktu yang tepat. Jika kamu memiliki keterbatasan izin sakit, ini adalah pilihan yang bagus.

Ada banyak aplikasi pelacak yang sudah banyak digunakan untuk melacak kalori yang terbakar, langkah yang diambil, detak jantung, dan kadar gula darah. Kita semua tahu bahwa aplikasi tersebut telah membuat perbedaan besar tidak hanya dalam memberikan kesadaran yang lebih besar kepada pasien tentang gaya hidup sehat, tetapi juga dalam berbagi informasi tersebut dengan tenaga kesehatan untuk menjadi dasar perawatan yang lebih baik.

Baru-baru ini, program pencegahan diabetes digital seperti FruitStreet juga mendapat dorongan besar. Ini biasanya dipromosikan oleh perusahaan asuransi untuk membantu mengurangi kejadian diabetes di antara mereka yang berisiko. Program semacam itu melampaui aplikasi pelacak biasa dalam meminta seseorang secara virtual mengikuti perkembangan kesehatanmu bersama dengan dokter. FruitStreet melacak penanda darah bersama dengan makanan dan aktivitas, serta dapat mengatur pasien dengan kunjungan rutin ke pelatih kesehatan atau ahli gizi.

Aplikasi digital lainnya adalah Fresh Tri, yang menggunakan teknologi berbeda dari aplikasi pelacakan makanan atau pencegahan diabetes pada umumnya. Ini mengacu pada ilmu otak yang terkait dengan pelatihan pola pikir dan pembentukan kebiasaan untuk menciptakan perubahan gaya hidup yang langgeng. Aplikasi digital ini adalah cara terbaik untuk membantu menjaga catatan kesehatanmu tetap berkelanjutan di antara kunjungan dokter. Mereka telah diciptakan tidak hanya untuk kesuksesan jangka pendek tetapi untuk mempertahankan kebiasaan sehat seumur hidup.

Haruskah menjadi norma baru?

Layanan kesehatan digital merupakan model baru untuk perawatan kesehatan. (Foto: 123RF/chajamp)

Ada konsep baru "rumah sakit tanpa tembok" yang memengaruhi kapasitas untuk merawat dan memantau banyak kondisi kronis secara virtual melalui berbagai platform. "Saya sangat memahami bahwa rumah sakit dibutuhkan; mereka dapat melakukan dan menangani banyak kondisi mendesak dan darurat yang tidak diperlengkapi oleh sebuah kantor. Tetapi, seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan teknologi, konsep tersebut juga akan berkembang," kata Hamilton.

Akses ke perawatan kesehatan yang baik terus menjadi masalah, dan memiliki akses langsung ke semua jenis spesialis. Dengan harga yang wajar dan pada waktu tepat, akan memungkinkan orang yang paling membutuhkan untuk memiliki akses layanan kesehatan.

"Perawatan kesehatan digital akan menjadi model baru untuk perawatan kesehatan, dan saya menantikan evolusi berkelanjutan dari teknologi telemedicine. Hal itu tidak hanya bermanfaat bagi pasien tetapi juga penyedia. Kantor dokter fisik mungkin akan segera menjadi masa lalu," demikian tutup Hamilton. (aru)

Baca juga:

Yuk Masak Sendiri Selama 'Self Isolation' dari Virus Corona

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menuai Ragam Manfaat dari Beras Merah
Fun
Menuai Ragam Manfaat dari Beras Merah

Beras merah tidak hanya bagus untuk diet, tetapi juga bisa menjadi salah satu sumber gizi untuk kesehatan kita.

Raditya Oloan Tutup Usia
ShowBiz
Raditya Oloan Tutup Usia

Sebelumnya sempat terpapar COVID-19.

Arief Muhammad Hingga dr. Tirta Angkat Bicara Soal Surat Keberatan Eiger
Fun
Arief Muhammad Hingga dr. Tirta Angkat Bicara Soal Surat Keberatan Eiger

Banyak YouTuber yang merasa geram setelah Eiger melayangkan surat keberatan pada YouTuber Dian Windiyanarko

Sirkuit F1 Arab Saudi Sudah Siap Digunakan Berlaga
Fun
Sirkuit F1 Arab Saudi Sudah Siap Digunakan Berlaga

Sirkuit F1 Jeddah sudah akan bisa dipakai enam bulan lagi.

Berhasil! NASA Luncurkan Perseverance Rover ke Mars
Fun
Berhasil! NASA Luncurkan Perseverance Rover ke Mars

Diluncurkan oleh NASA dari Cape Canaveral, FLorida.

The Weeknd Boikot Grammy Awards
ShowBiz
The Weeknd Boikot Grammy Awards

Tidak ada satu pun nama The Weeknd tertera dalam daftar yang disaring Recording Academy itu.

George Clooney Tolak Peran James Bond
ShowBiz
George Clooney Tolak Peran James Bond

Ia mengungkapkan memiliki dua alasan kuat untuk menolak peran James Bond

Mudah Banget, Bikin Kerupuk kembali Renyah
Kuliner
Mudah Banget, Bikin Kerupuk kembali Renyah

Biasanya sih kerupuk yang melempem tak lagi disimpan atau dimakan.

Wajib Nonton nih, 5 Film yang Menampilkan Ibu Tangguh
Hiburan & Gaya Hidup
Wajib Nonton nih, 5 Film yang Menampilkan Ibu Tangguh

Perjuangan, air mata, dan rintangan harus dihadapi.

Cara Hentikan Kebiasaan Buruk di Masa Pandemi
Fun
Cara Hentikan Kebiasaan Buruk di Masa Pandemi

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengubah perilaku buruk: