Kesehatan
Layanan Kesehatan Telemedis dari Prodia dan Good Doctor Layanan telemedis disediakan untuk mempermudah masyarakat. (foto: healthleadersmedia.com)

MASA pandemi membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan meningkat. Meskipun demikian, keinginan untuk kontrol kesehatan berbanding lurus dengan ketakutan masyarakat untuk menyambangi fasilitas kesehatan. Itu disebabkan fakta kerawanan terpapar virus dan bakteri salah satunya virus COVID-19 di fasilitas kesehatan.

Untuk meminimalisasi ketakutan tersebut, Prodia Widyahusada Tbk bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia menyediakan pemeriksaan kesehatan yang dapat dipesan melalui layanan telemedis Good Doctor. Tujuan dari kerja sama itu ialah memberikan kemudahan bagi jutaan masyarakat di seluruh Indonesia dalam menjangkau layanan kesehatan. Kerja sama strategis tersebut telah dimulai sejak September lalu.

BACA JUGA:

Tanpa Kita Sadari, Kebiasaan Sederhana Ini Merusak Tubuh

Pada acara virtual media gathering yang dilakukan antara Good Doctor dan Prodia, Kamis (26/11), Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana mengekspresikan kebahagiaannya dapat bekerja sama dengan Prodia. "Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Prodia selaku pemimpin pasar di sektor laboratorium klinis di Indonesia. Prodia memiliki jaringan layanan luas di 127 kota, 34 provinsi," ungkapnya.

layanan telemedis
Layanan telemedis mempermudah masyarakat. (foto: istimewa)

Danu mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung visi bersama Good Doctor dan Prodia untuk meningkatkan jangkauan akses layanan kesehatan digital yang praktis, aman, dan tepercaya bagi lebih banyak masyarakat di seluruh Indonesia terutama di masa pandemi COVID-19.

Prodia, ungkapnya, telah menjadi mitra strategis yang tepat bagi Good Doctor. Ia optimistis kerja sama keduanya dapat melayani dan memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dengan cepat dan praktis. "Di masa depan, kami akan terus mengembangkan kerja sama dengan para pihak dalam ekosistem kesehatan Indonesia. Baik itu rumah sakit, klinik, asuransi kesehatan, apotek, maupun laboratorium kesehatan, agar dapat terus berkontribusi meningkatkan akses maupun kualitas layanan kesehatan di Tanah Air,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis dan Marketing Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati mengatakan kolaborasi Prodia dan Good Doctor ini sejalan dengan komitmen Prodia untuk mengedepankan penggunaan teknologi dalam menciptakan transformasi digital pada bidang layanan kesehatan. Menurutnya, kerja sama kedua belah pihak menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap layanan pemeriksaan kesehatan yang berkualitas terutama pada masa pandemi COVID-19.

"Dengan adanya kolaborasi antara Prodia dan Good Doctor ini, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan paket pemeriksaan kesehatan Prodia yang disediakan Good Doctor di dalam GrabHealth guna memantau kesehatan tubuh secara berkala," ujarnya.

Paket pemeriksaan kesehatan Prodia yang tersedia pada aplikasi Good Doctor terdiri dari sembilan paket pemeriksaan laboratorium yang umum dibutuhkan masyarakat. Paket tersebut yakni lain pemeriksaan darah lengkap, fungsi liver, fungsi ginjal, fungsi gula, fungsi kolesterol, demam tifoid, demam dengue 1, demam dengue 2 dan vitamin D.

layanan telemedis
Bisa digunakan dengan langkah mudah. (foto: istimewa)

Layanan pemesanan paket pemeriksaan kesehatan Prodia dapat diakses melalui aplikasi Grab dengan mengeklik fitur 'Kesehatan' atau 'Health', yang akan mengarahkan pengguna ke layanan Good Doctor. Di halaman utama Good Doctor, pengguna dapat memilih menu 'Buat Janji Medis' atau 'Make Medical Appointment'. Pengguna kemudian akan diarahkan ke halaman 'Pilih Lokasi' atau 'Choose a Venue'. Di halaman itu, pengguna dapat mengeklik menu 'Laboratorium Klinik Prodia', lalu dilanjutkan dengan memilih jenis pemeriksaan yang ingin dilakukan, tanggal pemeriksaan, serta waktu pemeriksaan.

Pengguna kemudian akan diminta mengisi data diri yang sesuai untuk proses konfirmasi. Proses konfirmasi akan dilakukan maksimal 90 menit setelah pemberian data. Jika jadwal yang diajukan tersedia, pengguna akan mendapatkan e-mail konfirmasi dari Good Doctor dan Prodia.

Selain melalui menu 'Buat Janji Medis' atau 'Make Medical Appointment', pengguna juga bisa melakukan pasembelian langsung layanan pemeriksaan Prodia pada menu HealthMall, yakni dengan mengeklik 'Buy Health & Beauty Products' atau 'Beli Obat & Produk Kesehatan' di halaman utama Good Doctor. Sebelum melakukan pembelian, pengguna akan diarahkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan mitra dokter Good Doctor.

Ketika sesi konsultasi berlangsung, dokter dapat memberikan rekomendasi berupa pemeriksaan kesehatan dari Prodia. Jika setuju dengan bentuk pemeriksaan yang direkomendasikan, pengguna dapat mengeklik 'Check Out' untuk mengisi data pengiriman dan memilih metode pembayaran. Pembelian layanan Prodia itu akan dilakukan dalam bentuk voucer. Setelah semua sesuai, pengguna dapat mengakhiri sesi dengan mengeklik 'Konfirmasikan dan Bayar' kemudian Good Doctor akan mengirimkan surat undangan kepada pengguna dengan menyertakan kode voucer Prodia.

Dengan memanfaatkan layanan pemesanan paket pemeriksaan kesehatan via Good Doctor, masyarakat bisa menggunakan waktu dengan lebih efisien ketika melakukan kunjungan ke cabang Prodia karena pendaftaran, pemilihan pemeriksaan, hingga pembayaran yang sudah dilakukan cukup melalui ponsel.(Avia)

BACA JUGA:

Belajar Bermental Juara Seperti Karakter Seo Dal-mi di Drakor 'Start Up'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Saham Apple Naik, Tim Cook Resmi Jadi Miliarder Dunia
Fun
Saham Apple Naik, Tim Cook Resmi Jadi Miliarder Dunia

Membuat perusahaan mencapai nilai pasar di angka US$2 triliun.

Kenali Penyakit Lain Anak yang Terkena COVID-19
Fun
Kenali Penyakit Lain Anak yang Terkena COVID-19

Mayoritas dari anak-anak ini tidak menunjukkan gejala.

Fans Justin Bieber dan Ariana Grande, Yuk Ikut Terlibat dalam Video Klip Single Terbaru Mereka!
ShowBiz
Pelesiran ke Indonesia Belum Lengkap Tanpa Makan Tempe
Fun
Pelesiran ke Indonesia Belum Lengkap Tanpa Makan Tempe

Temukan berbagai olahan tempe di berbagai daerah di Nusantara

Frozen Food, Bisnis Enggak Cengeng di Tengah Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Frozen Food, Bisnis Enggak Cengeng di Tengah Pandemi

Bisnis kuliner yang sudah berjalan harus kreatif bertahan.

Hati-Hati, Gestur Romantis ini Ternyata Berbahaya
Fun
Hati-Hati, Gestur Romantis ini Ternyata Berbahaya

Perhatikan dulu sejumlah gestur romantis berbahaya ini

Dipaksa Tetap Kuat Walau Hancur Karena COVID-19
Fun
Dipaksa Tetap Kuat Walau Hancur Karena COVID-19

Meski situasi sulit, hati harus tetap tegar di masa pandemi.

4 Alasan Mengapa Grup TXT Populer
ShowBiz
4 Alasan Mengapa Grup TXT Populer

Tomorrow x Together baru memulai debutnya satu setengah tahun yang lalu.

Cover dan Mashup Terbaik Yungblud yang Wajib Didengar
ShowBiz
Cover dan Mashup Terbaik Yungblud yang Wajib Didengar

Penyanyi cover yang memiliki ciri khas dalam musik rok.

Mengenal Sejumlah Fitur Terbaru Telegram
Fun
Mengenal Sejumlah Fitur Terbaru Telegram

Mengenal Sejumlah Fitur Terbaru Telegram