Lawan Vietnam U-23 Hari Ini, Ajang Balas Dendam Pembuktian Garuda Muda Vietnam Vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: MP/Bolaskor/AFF Suzuki Cup)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga perdana dari Grup A cabang olahraga (cabor) sepak bola pria SEA Games 2021 dengan menghadapi tuan rumah Vietnam, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5), pukul 19.00 WIB.

Laga antara Vietnam dan Indonesia kali ini diprediksi bakal berjalan ketat dan menarik. Kedua tim merupakan unggulan di Grup A.

Indonesia dan Vietnam juga merupakan dua finalis di SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina. Namun, Indonesia gagal merebut medali emas setelah dibantai Vietnam, 0-3.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Lawan Vietnam, Ayo Dukung Garuda Muda di SEA Games

Dikutip Bolaskor.com, laga malam nanti bisa dijadikan ajang balas dendam tim Merah Putih terhadap Golden Star Warriors. Akan tetapi, jelang laga malam nanti, Timnas Indonesia U-23 diganggu sejumlah faktor non-teknis, salah satunya karena mendapat tempat latihan yang tidak memadai.

Timnas Indonesia U-23 menjalani latihan perdana di Vietnam pada Rabu (4/5). Fachruddin Aryanto dkk berlatih di Lapangan Bai Bang, Phu Tho. Namun, kondisi Lapangan Bai Bang dikeluhkan oleh manajer pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong.

"Lapangan yang kami pakai untuk latihan hari ini (Rabu) rumputnya tidak bagus dan tidak cocok untuk sepak bola modern saat ini," kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 kemudian mendapat tempat latihan berbeda pada keesokan harinya, Kamis (5/5), tepatnya di Lapangan Tam Nong, Phu Tho.

Namun, perubahan tersebut tidak membuat Shin Tae-yong puas. Dia kembali mengkritik kualitas rumput di lapangan bahkan menilai kalau ukuran lapangannya tidak sesuai standar FIFA.

Meski terganggu dengan sejumlah faktor non-teknis, Shin Tae-yong tetap optimistis timnya bisa mengalahkan Vietnam.

Catatan minor dalam dua pertemuan terakhir melawan Vietnam di tim senior, yaitu kalah 0-4 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 7 Juni 2021 dan hasil imbang 0-0 saat Fase Grup Piala AFF 2020 pada 15 Desember 2021 di Singapura tidak membuat Shin Tae-yong inferior.

"Saya mengakui kemampuan Vietnam lebih baik dan di atas kami. Dua pertemuan terakhir kami tidak bisa menang, tetapi lama-lama pasti bisa lebih baik lagi," ujar Shin Tae-yong.

"Performa kami semakin meningkat dan mulai banyak pemain abroad (berkarier di luar negeri)," tambahnya.

Baca Juga:

PBESI Siapkan Bonus Rp 7 Miliar untuk Peraih Emas di SEA Games Vietnam

Sementara itu, dari komposisi tim, Indonesia masih belum bisa diperkuat oleh Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam Bahar. Keduanya belum dilepas oleh klubnya masing-masing.

Pelatih Shin Tae-yong diprediksi akan memainkan Rizky Ridho sebagai duet Fachruddin Aryanto di lini belakang, sedangkan absennya Asnawi untuk sementara bisa diisi oleh Ilham Rio Fahmi yang menunjukkan perkembangan signifikan selama pemusatan latihan atau TC di Korea Selatan.

Lalu ke lini tengah, Shin Tae-yong sepertinya akan memasang trio Persib Bandung, Marc Klok-Ricky Kambuaya-Rachmat Irianto.

Untuk lini depan, Irfan Jauhari layak diberi kesempatan tampil sejak menit awal sebagai juru gedor, didampingi oleh Witan Sulaeman dan Egy Sulaeman dari kedua sisi sayap.

Dari kubu Vietnam, pelatih Park Hang-seo, sangat mewaspadai komposisi pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke SEA Games 2021.

Dia menyebut kalau Timnas Indonesia U-23 yang akan dihadapinya kali ini jauh lebih kuat dibanding sebelumnya, saat SEA Games 2019.

"Indonesia diperkuat sejumlah pemain yang mengikuti Piala AFF tahun lalu. Mereka juga bermaterikan pemain yang berkarier di luar negeri. Mereka punya pemain naturalisasi dari Belanda, pemain yang bermain di Inggris, dan divisi dua Korea," kata Park Hang-seo.

"Dengan komposisi seperti itu, ditambah pemain di atas 23 tahun, mereka memiliki kekuatan yang sangat kuat. Mereka lebih kuat dari turnamen sebelumnya," sambung Park Hang-seo.

Akan tetapi, pujian yang dilemparkan oleh Park Hang-seo, tidak boleh membuat Skuat Timnas Indonesia U-23 jadi terlena.

Sebab, Vietnam membawa skuat terbaiknya ke SEA Games 2021 ini, yang merupakan kombinasi dari para pemain yang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Piala AFF U-23.

Setidaknya ada tiga pemain kunci Vietnam yang harus diwaspadai Indonesia, yaitu Nguyen Tien Linh, Nguyen Hoang Duc, dan Do Hung Dung. Mereka bertiga merupakan pemain andalan Park Hang-seo saat merebut medali emas SEA Games 2019.

Prediksi susunan pemain:

Vietnam: Nguyen Van Toan; Le Van Do, Hoang Viet Anh, Nguyen Tanh Binh; Nguyen Trong Long, Nguyen Hai Long, Nguyen Hoang Duc, Ly Cong Hoang Anh; Do Hung Dung, Nguyen Van Tung, Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo

Indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Firza Andika; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari

Pelatih: Shin Tae-yong. (*/Bolaskor.com)

Baca Juga:

Shin Tae-yong Tak Sabar Beradu Taktik dengan Park Hang-seo di SEA Games 2021

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pelatih Thailand Perhitungkan Keandalan Timnas U-23 Indonesia
Olahraga
Pelatih Thailand Perhitungkan Keandalan Timnas U-23 Indonesia

Pelatih Timnas Thailand U-23, Alexandre 'Mano' Polking langsung bicara soal Indonesia. Skuat Garuda asuhan Shin Tae-yong akan menjadi lawan Thailand di semifinal yang akan berlangsung di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5).

Semifinal Piala AFF 2020 Terpusat, Regulasi Gol Tandang Hilang
Olahraga
Semifinal Piala AFF 2020 Terpusat, Regulasi Gol Tandang Hilang

Singapura terlebih dahulu menjadi tuan rumah

Alasan PT LIB Gelar Laga Grup B Turnamen Pramusim 2022 di Samarinda
Olahraga
Alasan PT LIB Gelar Laga Grup B Turnamen Pramusim 2022 di Samarinda

PT LIB menjelaskan alasan pemilihan Samarinda sebagai salah satu kota penyelenggara turnamen yang diikuti 18 klub Liga 1 itu karena sebagai bentuk mengkampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN).

STY Sebut Kehadiran Elkan Baggott Tambah Kualitas Timnas Indonesia
Olahraga
STY Sebut Kehadiran Elkan Baggott Tambah Kualitas Timnas Indonesia

"Elkan (Baggott) akan main terus sampai Kualifikasi Piala Asia 2023 karena itu agenda resmi FIFA," kata Shin Tae-yong di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/5).

Vietnam Ditahan Imbang Filipina, Myanmar Menang Tipis dari Timor Leste
Olahraga
Vietnam Ditahan Imbang Filipina, Myanmar Menang Tipis dari Timor Leste

Tim-tim lawan Timnas Indonesia U-23 di cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 Vietnam bertanding pada Minggu (8/5).

Kompolnas Cek Kesiapan Polda NTB Antisipasi Calo Tiket MotoGP Mandalika
Olahraga
Kompolnas Cek Kesiapan Polda NTB Antisipasi Calo Tiket MotoGP Mandalika

Tujuan peninjauan untuk memastikan perhelatan MotoGP 2022 berjalan dengan aman dan lancar.

Stamina Menurun, Marcus Gideon Tidak Tampil di Final Piala Thomas
Olahraga
Stamina Menurun, Marcus Gideon Tidak Tampil di Final Piala Thomas

Dengan absennya Marcus, maka Kevin Sanjaya Sukamuljo akan tampil dengan pasangan baru yakni Daniel Marthin di final Piala Thomas 2020.

SEA Games 2021: Abd Hafiz dan Maria Londa Tambah Koleksi Medali Indonesia
Olahraga
SEA Games 2021: Abd Hafiz dan Maria Londa Tambah Koleksi Medali Indonesia

Indonesia mendapat medali perak dari cabang olahraga atletik. Medali diperoleh Abd Hafiz dari nomor Men's Javelin Throw atau lempar lembing di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (14/5).

Irene Diharapkan Boyong Medali Emas Catur Klasik di SEA Games 2021
Olahraga
Irene Diharapkan Boyong Medali Emas Catur Klasik di SEA Games 2021

IM Irene Kharisma Sukandar, Pecatur asal Indonesia yang memiliki ELO rating 2392 tampil menjadi unggulan pertama di nomor catur klasik putri SEA Games 2021 Vietnam. Posisi ini diharapkan mampu melecut motivasi Irene untuk mencuri satu medali emas.

Persija Jakarta Bangun Training Camp, Ingin Bersaing di Asia
Olahraga
Persija Jakarta Bangun Training Camp, Ingin Bersaing di Asia

Persija akan membangun training camp untuk para pemain juniornya.