Lawan Stres Agar Terhindar dari Keinginan Bunuh Diri Stres telah membuat sederet selebriti seperti Chris Cornell mengakhiri hidupnya dengan tangannya sendiri. (Foto: Pixabay)

Banyak selebriti yang memilih mengakhiri hidup dengan tangannya sendiri. Sungguh disesali karena mereka memiliki karier cemerlang. Namun, siapa sangka, di balik kesuksesan tersebut, mereka juga mengalami depresi.

Sebut saja Robin Williams, Kurt Cobain, dan yang terbaru adalah Chris Cornell. Belajar dari mereka, Sahabat MerahPutih pun sebaiknya mengenali gejala stres sejak dini dan berusaha melawan stres agar tidak mengalami tragedi seperti yang dilakukan para selebriti yang tewas akibat bunuh diri. Untuk melawan stres, berikut tindakan yang harus Anda lakukan.

1. Disosiasi

Buang rasa khawatir dari pikiran Anda. Abaikan problem yang ada. Jika dapat melakukan hal ini, Anda dijamin terbebas dari stres!

2. Bergembira

Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar gembira. Pergi makan malam bersama teman dan melancong ke luar kota pada akhir pekan adalah contoh aktivitas yang dapat dilakukan untuk membangkitkan rasa bahagia.

3. Olahraga

Usir stres dengan olahraga. Anda bisa jogging, fitness, renang, zumba atau menembak. Aktivitas fisik jenis apapun dapat melawan stres dan membuat Anda merasa rileks.

4. Cari pendapat lain

Terbiasa memendam persoalan pribadi? Sesekali coba minta solusi dari teman atau kerabat yang dapat dipercaya. Hal ini akan membantu Anda meringankan beban berat di kepala.

5. Kelola waktu

Yup! Tugas kantor yang tak ada habisnya bisa membuat stres. Solusinya, kelola waktu sebaik mungkin agar Anda tidak terbebani utang pekerjaan yang akhirnya berujung pada stres.

6. Target realistis

Kenali batasan pada diri Anda. Lakukan segala sesuatu sesuai kemampuan. Tidak ada seorangpun yang bisa mengontrol dunia. Gejolak pasti ada. Maka, buatlah target yang realistis agar Anda tidak stres.

Dengan enam solusi tersebut, Anda semestinya dapat terbebas dari stres yang membelenggu diri. Selamat mempraktikkannya!



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH