Lawan Penuaan dengan Jamur. Kuy lah!

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 16 November 2017
Lawan Penuaan dengan Jamur. Kuy lah!
Jamur. (Foto: Pixabay)

BUKAN cuma krim-krim perawatan wajah yang bisa menghindari Anda dari efek negatif penuaan. Jamur juga bisa! Di dalam jamur terdapat antioksidan yang amat banyak.

Tak hanya satu, tapi dua: ergothioneine dan glutathione. Riset yang dilakukan peneliti di Pennsylvania State University menemukan jamur mengandung kedua antioksidan tersebut.

"Tidak diragukan lagi. Jamur merupakan sumber bahan makanan dengan kandungan ergothioneine dan glutathione tertinggi," kata Profesor Robert Beelman dari Pennsylavia State University, seperti dilansir Indian Express.

Kadar ergothioneine dan glutathione pada jamur berbeda-beda, tergantung spesiesnya. Jamur porcini menempati urutan pertama sebagai sumber ergothioneine dan glutathione. Beda dengan jamur kancing putih yang kandungan antioksidannya tak sebanyak porcini.

Antioksidan berguna untuk menghalau radikal bebas penyebab kerusakan sel, protein dan DNA. Penelitian mengenai kandungan antioksidan pada jamur ini bakal kembali dilakukan. Ke depan, peneliti akan meneliti peran ergothioneine dan glutathione terhadap penurunan penyakit neurodegenerative seperti parkinson dan alzheimer. (*)

Baca juga artikel Awas Jamur di Jari Kaki.

#Jamur #Keriput Di Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan