Latihan Kardio yang Menyakitkan dan Membosankan Latihan kardio harus diakui sebagai latihan yang menyiksa dan membosankan. (Foto: heartyhosting)

BANYAK orang yang mengernyitkan dahi dan menghembuskan nafas begitu mendengar kata latihan kardioa. Mereka mengatakan latihan adalah latihan yang menyakitkan dan paling membosankan. Pendeknya banyak orang yang membenci latihan kardio.

Yup, latihan kardio itu membosankan ketika berada pada treadmill atau sepeda yang berlari atau menggowes berkilo-kilometer tapi tidak beranjak kemanapun. Hanya memandangi tembok saja. Latihan kardio sangat menyiksa, ini berhubungan dengan paru-paru yang berjuang mendapatkan oksigen. Paru-paru seolah terbakar begitu juga dada, lutut yang seolah mengejang begitu juga betis.

Memang itu yang terjadi pada latihan kardio. Latihan kardio memang menyakitkan. Namun manfaat yang diberikan sangat besar. Latihan kardio adalah upaya untuk meningkatkan detak jantung, menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi stres dan menambah kepadatan tulang.

Padahal latihan kardio ini memberikan stimulasi dan kekuatan dari tubuh untuk melakukan kegiatan olahraga lainnya yang membutuhkan tingkat oksigen yang tinggi. Seperti jogging, berenang, bersepada atau mengayuh perahu.

American Heart Association sebagaimana dimuat pada laman askmen, menyebutkan bahwa aerobik termasuk dalam latihan kardio yang memberikan banyak manfaat. Aerobik selama 30 menit dapat menstimulasi dan menguatkan badan. Melakukan latihan kardio dapat membakar lemak lebih efektif. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH