Latih Dulu Kalau Ajak Bayi Mudik dengan Kendaraan Umum Tidak ada salahnya mengajak bayi mudik dengan kendaraan umum (Foto: babywinkz)

HAL yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan ini adalah hari Lebaran. Karena bukan sekadar hari raya. Di Indonesia, hari Lebaran juga dijadikan kesempatan umat muslim untuk pulang ke kampung halaman, alias mudik.

Salah satu pilihan menuju kampung halaman ialah dengan menggunakan transportasi umum. Mungkin biasa menggunakan transportasi umum untuk orang dewasa atau anak-anak. Tapi, bagaimana jika ada bayi yang ikut mudik dengan kendaraan umum?

Tentunya akan ada beberapa kesulitan. Sebab, sebenarnya usia ideal anak menaiki transportasi umum ialah diatas dua tahun. Belum lagi perjalanan mudik sangat jauh. Bisa-bisa bayi akan bosan dan rewel.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengajak si kecil mudik bersama kamu dengan kendaraan umum. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar bayi kamu nyaman selama perjalanan. Berikut ulasan lengkapnya.

Biasakan dulu bayi dengan suasana kendaraan umum (Foto: Pixabay/fancycrave1)

1. Latih dulu

Tidak mengapa jika si kecil tidak terbiasa menaiki kendaraan umum. Kamu bisa melatihnya terlebih dulu. Mulai sekarang cobalah bepergian dengannya menggunakan kendaraan umum. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa pergi ke pusat perbelanjaan terdekat.

Bayi tidak tahan dengan AC kendaraan umum. Terlebih suasana kendaraan umum yang sangat bising, tentunya membuat si kecil sulit tidur. Kamu akan sangat membantunya jika sudah membiasakannya menaiki kendaraan umum yang situasinya tidak pribadi.

Yang terpenting kamu harus bisa membiasakan si kecil menggunakan popok sekali pakai. Sehingga kamu tidak perlu-repot-repot ganti popok selama perjalanan. Biasakan si kecil menggunakan popok tersebut. Biasanya akan timbul ruam pada si kecil dan akan rewel jika tidak cocok dengan merek popok tersebut.

Kalau kamu tidak nyaman menyusui bayi di kendaraan umum, latih juga bayi untuk meminum susu formula.

2. Pantau kebiasaan si kecil

Nah, kamu juga bisa pantau terlebih dulu kebiasaan si kecil. Misalnya waktu tidurnya dan apa yang bisa kamu lakukan saat dia rewel dan menangis. Setidaknya saat di kendaraan umum kamu sudah memiliki kesiapan untuk menangani si bayi. Perhatikan juga situasi seperti apa saat bayi bisa tidur tenang.

3. Jaga kesehatan

Bukan cuma bayi sebenarnya, setiap orang harus menjaga kesehatan saat mudik. Sebab perjalanan jauh membutuhkan kondisi fisik yang sempurna. Terlebih bagi bayi, sistem pertahanan tubuh masih sangat rentan. Bayi mudah terkena penyakit.

Sebaiknya pastikan apakah bayi sedang dalam kondisi sehat atau tidak sebelum mudik. Meskipun si kecil dalam kondisi sehat minimal kamu juga harus mempersiapkan bekal obat-obatan. Jika memang kondisi bayi sedang tidak sehat sebaiknya tunda dulu perjalanan pulang kampung kamu.

Penting sekali kamu mempersiapkan seluruh kebutuhan bayi (Foto: watermelonworldwide)

4. Persiapkan kebutuhan bayi

Jangan sampai lupa mempersiapkan berbagai barang yang dibutuhkan bayi. 5-7 setel baju cadangan akan sangat membantu si kecil berganti pakaian. Selain itu jangan lupa membawa mainan kesukaannya agar dia terhibur selama perjalanan.

Siapkan pula air untuk keperluan minum si kecil, dan juga air panas di dalam termos. Makanan yang diperlukan bisa cemilan favorit bayi yang sudah MPASI. Jangan lupa jaket, kaus, kaki, topi dan selimut agar bayi merasa hangat di dalam kendaraan umum.

5. Pilih Transportasi umum berkualitas

Jangan tanggung-tanggung deh demi kenyamanan kamu dan si kecil. Gunakan bus ber AC agar kenyamanan bayi terjaga. Pilih kendaraan dengan bangku yang bisa ditidurkan jika memungkinkan agar kamu bisa sambil tidur saat menjaga si kecil. Masalah jadwal keberangkatan sebaiknya pilih di waktu sore hingga malam hari. Pada waktu tersebut bayi sedang dalam kondisi siap dan bugar. (ikh)

Sahabat Merah Putih, intinya tidak mengapa kamu mudik bersama bayi kamu dengan kendaraan umum. Selamat mudik!

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Jangan Pasang Status Mudik di Medsos, Bahaya!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH