Lasem, Kecamatan Kecil Akulturasi Beragam Etnis Opa Han (kiri) dan Opa Oti, sesepuh Tionghoa di Lasem, Rembang, Jawa Timur saat diskusi "Kesengsem Lasem" di Pusat Dokumentasi Arsitektur, Jakarta, Rabu (20/4). (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

MerahPutih Budaya - Meski hanya sebuah kecamatan kecil yang masuk dalam Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Lasem merupakan wilayah yang memadukan ragam etnis; Tionghoa, Arab, dan Jawa.

"Menariknya, Lasem merupakan tempat berkumpulnya ragam etnis. Mereka membaur menjadi satu," kata Feri Latief saat diskusi "Kesengsem Lasem" di Pusat Dokumentasi Arsitektur Jalan Tebet Dalam IV No 30, Tebet, Jakarta, Rabu (20/4).

Ihwal demikian, tambah Feri, merupakan wujud nyata dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. "Semua menjadi satu meski berbeda," tambah Feri yang juga merupakan fotografer kenamaan Indonesia.

"Biasanya, mereka (etnis Jawa, Tionghoa, dan Arab) akan berkumpul di warung kopi. Ngobrol dan minum kopi bersama. Pokoknya, Lasem itu indah kotanya dan ramah orang-orangnya," tutupnya. (Ard)


BACA JUGA:

  1. Lasem, Kota Unik dan Surga Fotografer
  2. Pantai Angsana, Surganya Pecinta Snorkeling di Kalsel
  3. Keindahan Pantai Pagatan Tanah Bumbu Kalsel
  4. Waterpark Taman Kota Ciperna, Wisata Air Murah di Cirebon
  5. Lima Tempat Wisata Malam Cihuy di Yogyakarta


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH